Cegah Erosi Dengan Penanaman Rumput Vetiver

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Gubernur Jawa Timur, bertandang ke Lumajang, dalam rangka cegah erosi lahan pertanian di sekitar Ranupani. Dalam hal ini dilakukan penanaman 50 ribu rumput vetiver. Penanaman dilakukan oleh Kodam V Brawijaya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, (15/02/2020).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa penanaman ini diinisiasi oleh Kodam V Brawijaya untuk menjaga terjadinya erosi lahan pertanian di sekitar Ranupani karena dapat memiliki akar mencapai enam meter ke bawah tanah. Khofifah berterima kasih karena Kelompok Tani di Ranupani bersedia lahannya ditanami rumput ini untuk mencegah erosi lahan pertanian yang mayoritas berada di perbukitan.

“Ini gerak cepat menindaklanjuti perintah presiden. Aster Kodam langsung koordinasi dengan Kadishut Jatim dan Sekda untuk menyiapkan teknis dan lahan di Ranupani”, ujar Khofifah.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi menyampaikan, bahwa penanaman vetiver akan terus dilakukan dengan koordinasi Korem dan Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya. “Penanaman ini tidak hanya di dataran tinggi, bisa juga di tanggul sungai, karena fungsinya untuk mengikat tanah dan meminimalisasi dampak bencana longsor”, jelas Boedi.

Dalam kegiatan ini, bupati Lumajang, Thoriqul Haq turut mendampingi gubernur Jawa Timur, dan Kodam V Brawijaya menanam rumput vetiver. “Kami sangat berterima kasih kepada bu Gubernur dan Pangdam V Brawijaya karena ini membantu pemerintah kabupaten Lumajang dalam pelestarian di sekitar Ranupani”, ujar cak Thoriq. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait