Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Desa Bersama Tenaga Puskesmas Gelar Sosialisasi

  • Whatsapp

Sosialisasi antisipasi penyebaran virus Corona diDesa Buya, Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Langkah antisipatif pencegahan Covid-19 telah menggerakkan berbagai elemen masyarakat. Rabu (25/03/20) sore ini di Panggung serbaguna Desa BuyaKecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Turut hadir dalam sosialisasi antisipasi penyebaran virus Corona
itu, Petugas Kesehatan Puskesmas Mangoli Selatan, Dr. Paulus Stephen, Kepala Desa Buya, Mahfi Sapsuha serta Forpimdes setempat telah berupaya memberikan pemahaman bahaya Corona dan langkah pencegahannya.

Pejabat Kepala Desa Buya, Mahfi Sapsuha menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut penegasan – penegasan yang dilakukan mulai dari Presiden kemudian kementerian dalam negeri, kementerian kesehatan sampai ditingkat Bupati terkait pencegahan corona.

Saat ini langkah strategis berupa tindakan preventif atau pencegahan, sebab jika sudah terinveksi maka susah proses penyembuhannya, apalagi belum ditemukan vaksin untuk mengobati, serta biaya pengobatan yang tidak murah ditambah resiko penularannya terhadap saudara dan orang terdekat, “ujarnya.

Sementara itu, Petugas Kesehatan Puskesmas Mangoli Selatan, Dr.Paulus Stephen mengatakan yang paling inti dari kegiatan hari ini
masyarakat diharapkan bisa mengantisipasi diri dari wabah virus Corona.

“Semoga dengan kegiatan ini tentunya masyarakat bisa memiliki antisipasi dirinya dalam penanganan atau pencegahan Covid-19 dan juga masyarakat mengerti dan tau tentang apa itu Covid-19 dan bagaimana cara mencegahnya” tambahnya.

Dengan demikian, Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah Desa Buya utamakan dan kalahkan pencucian tangan dengan sabun di air mengalir, kemudian kurangi keluar rumah, kurangi menuju tempat – tempat ramai, kurangi berkumpul – kumpul, “katanya.

“Untuk itu bagi anak atau saudara yang datang dari luar wilayah Desa Buya agar segera melaporkan ke aparat desa sekitarnya dalam hal ini kepala dusun agar bisa dipantau keberlanjutannya, apabila mengalami gejala segera diperiksakan diri dan bila terdapat gejala – gejala yang mengarah segera melakukan fisaligal stenting atau berada di rumah selama 14 hari, “himbaunya.

“Harapan saya untuk masyarakat bahwa apa yang sudah kami sampaikan hari ini di tindak lanjuti” pungkasnya. [DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait