Cegah Tumpahan Aliran Irigasi, Pemdes Plosogeneng Bangun Tembok Penahan Jalan

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Perintah Desa Plosogwneng kucurkan Dana Deaa tahun anggaran 2024 sebesar Rp42.374.000 untuk pembangunan Tembok Penahan Jalan sepanjang 152 meter dari badan jalan desa sampai ke pemakaman umum. Material yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut berupa batu kali, pasir, semen dengan mengerahkan 2 orang tukang dan 4 kenek.

Pembangunan dikatakan Suwandi salah satu Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dibangun agar air dari aliran irigasi yang mengalir tidak tumpah ke persawahan oleh karena itu menurutnya perlu perbaikan.

“Pembangunan diperkirakan selesai tiga minggu lebih atau satu bulan. Material sudah sesuai dengan permintaan kepala desa dan adukan semen dengan pasir sudah sesuai standar proyek,” terang Suwandi.

Sebelumnya ditegaskan Suwandi, sudah dibangun tembok penahan jalan diperkirakan tiga tahun lalu namun diungkapkannya masih harus ada peningkatan lagi untuk tembok penahan jalan agar aliran irigasi dari desa tetangga tidak tumpah ke sawah.

Desa Plosogeneng masuk wilayah adminstrasi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang rutin melaksanakan pembangunan desa ditambah pembangunan dari program Kabupaten yang saat ini Desa Plosogeneng mendapat program dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang yaitu mengenai pekerjaan fisik konstruksi pembangunan jaringan Irigasi Tingkat usaha Tani dengan pag Rp163.000.000, pengadaan langsung dikucurkan dari dana APBD.

Sementara Dana Desa seperti yang diketahui wartawan ini, Desa Plosogeneng diperkirakan sama dengan desa lain tidak untuk pembangunan infrastruktur tapi bisa digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan lainnya seperti untuk pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait