Cegah Virus Corona, BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo Adakan Health Talk

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebagai bentuk kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Surabaya Darmo mengadakan Health Talk bertajuk “Corona Virus – How to Detect & Prevent it?”.

Pembicaraan kesehatan ini dilakukan di kantornya, di Jalan Diponegoro No.6 Surabaya, dengan menghadirkan Dr. Laksmi Wulandari, dr., SpP (K), FCCP, FISCM, FISR dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Jawa Timur.

Mewakili Kepala BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, Kabid Umum & SDM Nurul Husnah mengatakan, kegiatan yang diikuti seluruh karyawan ini pada prinsipnya sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Langkah pertama kami adalah memberikan literasi pada seluruh karyawan, karena setiap hari kami berhadapan langsung dengan para peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Nurul, Sabtu (7/3/2020).

Menurut Kabid Umum & SDM Kantor BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo ini, pemahaman tentang Covid-19 dan cara pencegahannya ini sangat penting, baik bagi karyawan dan buat peserta.

“Dalam kegiatan ini karyawan diberikan informasi yang cukup terkait penanganan Covid-19 supaya responsif, konsisten, jaga pola hidup sehat, selalu berolahraga, makan makanan bergizi, cuci tangan dengan benar, dan lain sebagainya,” terang Nurul.

Dipaparkan, cara mencuci tangan yang benar, misalnya, harus dengan sabun atau hand-rub. Mencuci tangan sampai bersih itu penting, karena dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan, karena sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan.

Juga ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan tidak menular. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau dengan lengan, jangan dengan telapak tangan.

Jaga jarak saat berbicara dengan orang lain sekurang-kurangnya satu meter, terutama dengan orang yang sedang menderita batuk, pilek/bersin dan demam.

Gunakan masker penutup mulut dan hidung saat sakit atau saat berada di tempat umum, dan buang masker yang sudah digunakan ke tempat sampah, lalu cuci tangan dengan benar.

Dikatakan, Virus Corona memiliki gejala umum berupa demam ≥38C, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. Jika ada orang dengan gejala seperti itu dan pernah kontak dengan penderita COVID-19, orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosisnya. (Ganefo)

Teks Foto: Sebagian karyawati BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo usai dapat pemahaman tentang cara pencegahan penularan Virus Corona.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait