Cuara Buruk, 4 Hari Nelayan Sergai Terpaksa tidak Mangayuh Rejiki di Laut

  • Whatsapp

Serdang Bedagai(Sumut)

BeritaLima.com-Sepekan terakhir ini cuaca di laut Sergai kian tidak menentu. Hal itu pun berdampak kepada para nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut lepas terpaksa tidak mengayuh rejeki di laut.

Syahrul (43) nelayan jaring gembung yang tinggal menetap di Dusun I, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai kepada beritaLima.com Minggu (16/10) hanya bisa merajut jaring gembungnya yang sobek. Ayah lima anak ini sudah empat hari tidak melaut lantaran cuaca saat ini tidak berteman dengannya.

”  Ini hari yang ke empat aku tidak melaut jika cuaca buruk ini terus awet maka kompor di rumahku akan terancam tidak berasap” paparnya.

Untuk empat hari ini di akui Syahrul keluarganya masih mengandalkan beras  raskin dan untuk lauk ikan kering. “Selagi ada raskin selamatnya perut sejengkal ni untuk lauk banyak ikan kering jadi aman la untuk di rumah” ucapnya lagi.

Dikatakan Syahrul biasanya cuaca yang tidak bersahabat ini paling lama 10  hari saja, selebihnya akan normal kembali meski tidak melaut Syahrul terkadang menangkul kepiting “ Biasanya aku menangkul kepiting hari ini aku merajut jarring yang rusak saja paling dua atau tiga hari lagi cuaca ini udah bagus” ucap Syahrul.

Begitu juga dikatakan Incek Muin ( 45) juga warga yang sama  sudah empat hari juga tidak melaut, “ Saya juga sudah empat hari tidak melaut namun masih ada juga nelayan yang melaut tapi hanya di pinggiran saja tapi aku tidak berani la sampanku kecil kena ombak langsung karam” ucap Incek Muin.

Tidak melautnya para nelayan ini ternyata juga berdampak di Tempat Pelelangan Ikan  ( TPI) di Desa Tebing Tinggi, Tanjung Beringin, Sergai sepi ikan hasil tangkapan laut bahkan ikan belanak dan ikan duri yang biasanya hanya Rp 10 ribu perkilonya kini harganya Rp 15 ribu.

“ Mana ada ikan ini ikan pinggiran laut aja,  nelayan tidak ada yang melaut harga ikan belanak sama ikan duri ini hanya mahal biasa tidak ada orang mau makan ikan ini” ucap Andi (31) pengecer ikan di TPI ini.

Buruknya cuaca juga di benarkan Kasat Pol Air Polres Sergai AKP. Edi Plantino kepada beritaLima.Com mengatakan cuaca dalam satu minggu ini sangat tidak bersahabat nelayan tidak melaut bahkan kapal patroli Pol Air pun untuk sementara tidak bisa melaut karena cuaca buruk.

 “ Kapal patrol pun tidak bisa melaut anginnya kencang kali situasi ini sudah hampir satu minggu ini tidak bersahabat ya kita pun menghimbau kepada nelayan agar tidak melaut karena cuaca tidak bersahabat” ucap Edi Plantino. (Sugi/beritaLima.com)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *