Dalam Ajang TOP BUMD Award 2024, Pemkab Trenggalek Raih 3 Penghargaan

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Dalam ajang bergengsi TOP BUMD Award tahun 2024 di Jakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek berhasil borong 3 penghargaan sekaligus. Pertama, diberikan kepada Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin sebagai TOP Pembina BUMD terbaik tahun 2024.

Kemudian penghargaan kedua, diberikan kepada PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) yang berhasil naik eskalasi dari BUMD Bintang 4 tahun 2023 menjadi BUMD Bintang 5 di tahun 2024. Tidak hanya berhenti di situ, Dwi Fraidianriani, Direktur Utama BPR Jwalita juga menjadi salah satu TOP CEO BUMD tahun 2024.

Selama perjalanannya dari tahun ke tahun, PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) seolah tidak pernah absen mendapatkan reward. Khususnya dalam ajang corporate rating, yakni ajang penilaian BUMD terbesar di tanah air. Bahkan penghargaan yang diterima tidak stagnan hanya di kategori itu-itu saja. Sebagai contoh, untuk tahun 2024 ini BPR Jwalita berhasil naik eskalasi menjadi BUMD bintang 5.

Tentunya ini sebuah bukti nyata bawasanya komitmen dari BPR yang kepemelikan saham Pemda-nya 98.64% itu, bekerja dengan baik untuk maju dan berkembang. Dengan modal Rp. 20 Milyar, Aset BPR Jwalita per 31 Des 2023 sebesar Rp. 143.893.811.000.

Direktur BPR Jwalita, Dwi Fraidianriani usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur atas capaian kinerja selama ini. “alhamdulillah selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2021 kita berhasil mendapatkan penghargaan dari TOP BUMD Award. Tentunya ini menjadi pemicu dan pemacu kami untuk bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Trenggalek dan juga mendukung program-program pemerintah,” ungkapnya, Rabu (20/4/2024).

Masih menurut perempuan yang akrab disapa Dwi tersebut, 70 persen nasabah dari BPR Jwalita adalah pelaku usaha mikro. Kemudian beberapa inovasi dilakukan, mulai dari Kredit Krisna (Air dan Sanitasi), Program yang menyentuh ekonomi kerakyatan seperti Gangsar (Kredit Pedagang Pasar Tanpa Jaminan).

BPR Jwalita (Perseroda) juga berkontribusi dalam memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Trenggalek setiap tahunnya. Bahkan berkontribusi terhadap PAD itu jumlahnya terus meningkat stiap tahunnya.

BUMD-nya memborong 3 penghargaan sekaligus dalam TOP BUMD Award, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran di BPR Jwalita.

“Saya mengapresiasi kerja dari BPR Jwalita yang mendapatkan Top BUMD Award untuk ke berapa kalinya. Saya ucapkan selamat,” kata salah satu Wakil Ketua APKASI itu.

Kedepan, diharapkan untuk semua BUMD mampu seperti BPR Jwalita. Apalagi BPR Jwalita juga baru saja restrukturisasi organisasi. Di bidang energi ada PT Jwalita Energi Trenggalek (JET) dan masih ada beberapa BUMD lain. Semoga ini nanti diikuti.

Selain dinilai sebagai perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik, BPR Jwalita juga dianggap mampu menciptakan ‘social impact’. Karena telah meluncurkan program kredit untuk warga agar mendapatkan sanitasi yang lebih baik dan berkualitas. Guna meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan.

“Jadi itu yang menjadi salah satu strong point mengapa BPR Jwalita TOP BUMD Award Bintang 5 atau kategori yang paling tinggi,” pungkas Bupati Nur Arifin. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait