Dalam Rangka HUT ke-77 Jatim, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beyo ‘Mampir’ Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Peringatan Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Provinsi Jawa Timur, Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab ke-38 Kabupaten/ Kota yang ada di Jatim. Salah satunya adalah Kabupaten Trenggalek. Rencananya setelah diterima oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, Minggu (25/9) di Pendopo Manggala Praja Nugraha, lambang Provinsi Jatim tersebut akan singgah semalam di Bumi Menaksopal Trenggalek.

Menerima Pataka ini, mas Wabup, sebutan akrab Wabup Syah merasa bangga karena daerahnya turut menjadi bagian dalam peringatan Hari Jadi 77 Provinsi Jatim. Dengan slogan Jatim Bangkit yang digaungkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa diharapkan dapat menambah semangat untuk Trenggalek bisa bangkit dan pulih lebih cepat.

Direncanakan pataka ini akan dikirab ke-38 Kabupaten/ Kota yang ada dengan jarak tempuh 2 ribu km. Berangkat Jum’at (16/09) lalu, saat launching rangkaian kegiatan Hari Jadi 77 Jawa Timur dan dijadwalkan akan kembali ke Gedung Negara Grahadi 11 Oktober 2022 nanti.

Pataka Jer Basuki Mawa Beyo sendiri dikirab dari Pendopo Kongras Arum Kusumaning Bangsa, Kabupaten Tulungagung menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Minggu (25/9). Dan rencananya akan dikirab kembali ke Kabupaten Pacitan pada Senin (26/9). Trenggalek sendiri merupakan Kabupaten ke 20 yang disinggahi Pataka Jer Basuki Mawa Beyo Jawa Timur.

“Alhamdulillah hari ini Kabupaten Trenggalek menerima kirab pataka dari Kabupaten Tulungagung dalam rangka peringatan hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur,” ucap Wakil Bupati Trenggalek usai menerima Pataka Jer Basuki Mawa Beyo.

Jadi kami berharap, sambung mantan Anggota DPRD Trenggalek itu, “mari kita sama-sama berdoa semoga di momentum ulang tahun ke-77 Jawa Timur ini benar-benar membawa keberkahan dan kebahagiaan khususnya untuk seluruh masyarakat Jawa Timur dan untuk seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

“Setelah dari Trenggalek Kasatpol PP akan mengantar Pataka ke Pacitan. Kemudian dari Pacitan ke ke Ponorogo dan kabupaten-kabupaten seterusnya. Kita termasuk kabupaten ke-20,” tegas mas Wabup.

Kasatpol PP-PPK Trenggalek, ST. Triadi Admono menambahkan, “jadi pada hari ini Satpol PP Trenggalek, menerima kirab pataka dari Satpol PP Tulungagung. Ini merupakan momentum rangkaian hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Ditambahkan olehnya, “yang di kirab adalah lambang daerah, lambang Provinsi Jawa Timur. Dari Kasat Satpol PP Tulungagung selain menyerahkan pataka juga menyerahkan Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis diatas daun lontar
atau daun tal). Ini yang dibacakan oleh Bupati, begitu juga nanti dari Trenggalek ke Pacitan,” tandasnya.

Wahiyd Masrur, Kasatpol PP Tulungagung menceritakan, kemarin Pataka Jer Basuki Mawa Beyo diterima dari Kota Blitar. Kemudian hari ini, pagi tadi kami serahkan ke Trenggalek. Alhamdulillah semuanya berjalan baik dan lancar dengan harapan tentunya Jatim ini optimis bangkit sesuai dengan motonya Jatim Bangkit. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait