Dandim 0209 LB Sambut Kungker Tim Warik Itdam I/BB

  • Whatsapp

LABUHANBATU, beritalima.com – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Kodam (Itdam) l/Bukit Barisan melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 0209/LB, Kunjungan Kerja Tim Warik Itdam I/Bukit Barisan di terima langsung Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso.

Adapun tujuan kunjunagan kerja Warik Itdam I/Bukit Barisan untuk mewujudkan, memelihara tata kelola keuangan Negara secara transparan dan akuntabel guna mendapatkan penilaian BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan/TNI di lingkungan Kodim 0209/Labuhanbatu, Senin (24/06/2019).

Dalam kunjugan kerja Warik Itdam I/Bukit Barisan, tepatnya di Aula Makodim 0209/LB Dandim Letkol Inf Santoso menyampaikan selamat datang kepada Tim Wasrik Itdam I/BB di Makodim 0209/LB, kepada Tim Dandim mengatakan, pada dasarnya penyelenggaraaan dan pelaksanaan program, Kodim 0209/Labuhanbatu telah berusaha melaksakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,

Namun demikian apabila dalam pemeriksaan nanti masih ditemukan hal yang kurang sesuai, kepadaTim Wasrik Itdam I/BB mohon memberikan arahan, saran dan masukan untuk perbaikan lebih lanjut demi kebaikan satuan, ungkap Dandim.

Sementara Ketua Tim Wasrik Itdam I/BB menyampaikan bahwa kegiatan pengawasan dan pemeriksaan merupakan bagian dari Sistem Dalam Manajement Modern yang berfungsi sebagai pengendalian kegiatan dalam suatu organisasi, hal ini penting dilakukan agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan benar, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Perlu kami Informasi juga bahwa opini BPK RI atas laporan Keuangan Kementrian Negara / Lembaga Tahun Anggaran 2018, Kementrian Pertahanan memperoleh Predikan WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian) , setelah sebelumnya selama 4 tahun berturut – turut yaitu tahun 2014, 2015, 2016, 2017 memperoleh WDP ( Wajar Dengan Pengecualian).

Oleh karena itu untuk mewujudkan tata kelola keuangan Negara yang transparan dan akuntabel guna mendapatkan penilaian WTP dari BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan/TNI di lingkungan Kodam I/BB.

Kodam I/BB melalui Itdam I/BB melaksanakan optimalisasi fungsi pengawasan melekat dan Pengawasan fungsional guna mendukung pelaksanaan Program dan anggaran.

“Dengan Metode Wasrik yang dilakukan dengan pola Free Audit, Current Audit dan Post Audit bertujuan membantu satuan-satuan sehingga diperoleh pertanggungjawaban keuangan yang sesuai dengan akuntansi instansi yang meliputi sistem akuntansi keuangan BPK dan sistem informasi management dan akuntansi barang milik Negara (SIMAK BMN)”, pungkasnya.(Lis)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *