Dandim 1628/SB Bersama Forkopimda KSB Resmikan Pompa Hiydran Tahap II Di Desa Rarak Ronges

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB.beritalima.com|
Pemasangan Instalasi pompa hidran ini
merupakan kegiatan non program dari
Kodam IX/Udayana yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih baik untuk kebutuhan sehari hari maupun untuk kebutuhan pengairan lahan pertanian, perikanan dan lain untuk membantu kesulitan air ditengah masyarakat

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi ST., M. IP., dalam sambutan pada acara peresmian pompa hidran tahap II di Desa Rarak Ronges Sumbawa Barat, Rabu (27/10/2021).

Dijelaskan Dandim bahwa kegiatan non program Kodam IX/Udayana salah satunya adalah pembuatan dan pemasangan Pompa Hidran dibeberapa titik se Bali Nusra salah satunya di Desa Rarak Ronges yang telah dilaucing pada tanggal 9 Juli 2021 dan rampung seratus persen pada tanggal 12 September 2021 saat ini akan diresmikan Bapak Bupati Sumbawa Barat, ungkap Dandim.

Program Pompa Hidyan ini lanjut Dandim, diinisiasi Bapak Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai bentuk kepedulian serta memberi solusi dalam mengatasi kesulitan pemenuhan kebutuhan air baik air bersih maupun untuk keperluan pengairan pertanian, pertenakan dan lainya, ujarnya.

Selain itu program pompa hidran juga merupakan salah satu bukti bahwa melalui TNI Negara hadir untuk membantu kesulitan rakyatnya dalam pemenuhan kebutuhan air, Pungkas Dandim.

Diharapkan setelah peresmian ini agar
masyarakat dapat memanfaatkan
dengan semaksimal mungkin dan yang tidak kalah penting mari kita syukuri apa yang diharapkan selama bertahun tahun kini dapat terwujud salah satu caranya dengan bersama menjaga serta merawat, sehingga masa pakai dari pompa hidram ini dapat lebih panjang kalau ada kerusakan segera peka untuk memperbaikinya, harap Dandim.

Dalam usaha untuk memenuhi
kebutuhan air bagi masyarakat melalui
pemasangan pompa hidram ini sangat berpengaruh oleh debit air karena bekerja tanpa menggunakan bahan bakar atau energi tambahan pompa hidran memanfaatkan tekanan air yang ada direkayasa dengan sedemikian rupa dengan cultur medan yang memungkinkan air dibendung lalu dialirkan melalui pipa ke bak penampung yang dari bak penampung dialirkan ke tempat pompa hidran dengan tekanan air dinaikan ke bak primer diteruskan bak skunder lalu di salurkan ke pemukiman warga atau lahan pertanian jelas Dandim

Untuk itu kita semua lebih khusus tim gejala (gerakan jaga alam dan air) yang sudah terbentuk senantiasa terus menjadi pelopor dalam menjaga titik titik mata air yang ada di wilayah masing masing dengan cara melakukan penanaman pohon sehingga kedepannya sumber air tetap terpelihara, tegas Dandim

Dalam kesempatan ini saya mengajak
semua pihak untuk bersungguh – sungguh dalam menghentikan penyebab kerusakan hutan akibat penebangan liar dan kebakaran hutan sehingga ketersediaan air kita kedepannya semakin meningkat, imbau Dandim.

Kepada tim air Kodim 1628/SB serta semua pihak yang telah ikut berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung membantu dalam pembuatan dan pemasangan pompa hidran ini saya ucapkan terimakasih serta penghargaan atas kerjasama selama proses pengerjaan pompa hidran tahap II ini sehingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Rarak Ronges karena air sudah sampai kedepan rumah bahkan dapur rumah masyarakat ungkap Dandim.

Sedangkan Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H W Musyafirin, MM., dalam sambutan yang dibacakan Assiten III sekda Pemda Kabupaten Sumbawa Barat Supiarno S. pt., menyampaikan Peresmian Program Pompa Hiydram di desa Rarak Ronges Kec.Brang Rea Kab.Sumbawa pada hari ini berda dalam satu visi yang sama yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Sumbawa Barat, jelasnya.

Oleh karenanya saya mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX / Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani Dandim 1628 Sumbawa Barat atas pembangunan Pompa Hydram di desa Rarak Ronges pada hari ini, kegitan ini menjadi salah satu bukti senergitas antara pemda KSB dengan TNI-POLRI terjalin dengan sangat baik, pungkasnya.

Saya berharap semoga kedepannya senergitas dalam melanjutkan pembangunan dalam bidang lainnya dalam rangka mensejahterakan seluruh masyarakat kabupaten Sumbawa Barat, hadirnya Pompa hiydran diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat desa Rarak Ronges Kec.Brang Rea Kab.Sumbawa, selain itu semua fasilitas yang ada hendaknya dapat dirawat dan dijaga agar manfaat bisa kita rasakan untuk waktu yang lama tutup Assiten III

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kab Sumbawa Barat Kaharudin Umar.Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST.,M.IP, Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Heru Muslimin, S.I.K., M.I.P., Kajari Sumbawa Barat Suseno, SH, MH.Asisten III Sumbawa Barat Supiarno, para Tokoh agama Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda Para Pasi Kodim, Para Danramil Jajaran Kodim 1628/SB
Ketua Persit KCK Cabang LXVI beserta pengurus, Sekcam brang rea, Kades Rarak Ronges, Tim gejala.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait