Darma Wijaya : Tingkatkan Pemahaman Terhadap Pengawasan Berbasis Kinerja Menjadi Semakin Baik

oleh -4 views

SERGAI, beritalima.com- Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menggelar Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sergai.

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ASN
dalam Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT), dilaksanakan di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo, Selasa (12/12/2019).


Dalam kesempatan itu, Wabup H Darma Wijaya mengatakan, berjalannya reformasi birokrasi, telah terjadi perubahan paradigma pengawasan terhadap pemerintah daerah. Di mana Inspektorat selaku APIP yang sebelumnya hanya berperan sebagai Watchdog (penjaga/pengawas), namun saat ini dituntut untuk dapat berperan sebagai Quality Assurance (penjamin kualitas) serta Consulting (Konsultan) bagi organisasi.

Selain itu, juga harus dapat memetakan risiko-risiko apa yang perlu mendapatkan perhatian. Dimana hal tersebut menjadi titik kritis dalam pencapaian visi dan misi daerah.

“Hanya Inspektorat satu-satunya dari organisasi perangkat daerah yang secara rutin setiap tahunnya melakukan upaya pengembangan kompetensi SDM melalui.Semoga pertemuan hari ini, semakin memperkuat kerjasama dan semangat kita dalam meningkatkan kegiatan pelatihan kantor sendiri,” ujarnya.

Dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP dan kapasitas auditor di Pemkab Sergai, lanjut Wabup, berbagai pencapaian telah berhasil diraih pada tahun 2019 ini.

“Akan tetapi kami mengingatkan agar semua pihak tidak cepat berpuas diri, melainkan semakin arif dalam melakukan introspeksi terhadap berbagai kelemahan yang ada untuk perbaikan di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

Untuk itu, Darma Wijaya berharap, terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap pengawasan berbasis kinerja menjadi semakin baik, sehingga diperoleh langkah-langkah yang konkret dalam upaya meningkatkan system pengendalian intern yang efektif dan efisien.

Inspektur Sergai H Gustian dalam laporannya mengutarakan, tujuan kegiatan ini agar ke depannya Inspektorat Sergai dapat melaksanakan audit kinerja dan penyusunan PKPT berbasis risiko, sehingga terwujudnya program yang efektif dan efisien.

Kegiatan yang digelar Selasa hingga Jumat (12-15 November 2019), dihadiri juga oleh Kabid APD BPKP Perwakilan Sumut, Darmawan, serta peserta yang berasal dari Inspektorat Sergai.(Budi)