Data Program SDGs, Desa Banyuwulu Gandeng Para Pemuda Turun Lapangan

  • Whatsapp
Kepala Desa Banyuwulu Rudi Hartono menyerahkan berkas pendataan secara simbolis kepada Camat Wringin Suhaji. (Rois/beritalima.)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemdes Banyuwulu kecamatan Wringin Bondowoso melakukan penetapan Berita acara pendataan SDGs (sustainable development goals) atau dalam bahasa yang populer adalah pendataan yang berkelanjutan.

Pendataan langsung berbasis Android ini sebagai acuan desa dalam merencanakan kegiatan Dana Desa tahun selanjutnya. Sehingga, diharapkan kegiatan dana desa tepat sasaran.

Bacaan Lainnya

Kepala Kecamatan Wringin Suhaji mengatakan bahwa, pendataan SDGs merupakan salah satu program trobosan dari kementerian desa.

“Program ini mengukur sejauh mana manfaat dana desa yang selama ini berjalan, serta menjadi acuan desa dalam membuat perencanaan kegiatan desa ke depannya,” ungkapnya Jumat (11/06)

Pihaknya berharap kedepannya desa bisa mengentaskan kemiskinan sesuai dengan target Gus menteri desa.

“Ada 18 item dalam program SDGs ini, salah satunya didalamnya memuat desa tanpa kemiskinan,” tuturnya.

Program pendataan SDGs ini merupakan trobosan yang luar biasa yang di lakukan menteri desa.

“Kami berharap desa mampu mengaplikasikan progam ini. Sehingga memiliki data yang valid mengenai kondisi desa baik SDM dan SDAnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Rudi Hartono Kepala Desa Banyuwulu dalam sambutannya menyampaikan bahwa program SDGs ini memerlukan perjuangan yang cukup ekstra. Dikarenakan waktu yang diberikan cukup singkat untuk merampungkan seluruh pendataan.

“Alhamdulillah bisa diselesaikan tepat waktu. Ini wujud kerja keras keras semua pihak. Tentunya para pemuda Desa Banyuwulu yang kita kerahkan. Sehingga selesai sesuai dengan target dan hari bisa dilakukan penetapan Berita Acara SDGs,” urainya.

Dirinya berharap, data ini bisa menjadi acuan Desa untuk pembangunan selanjutnya, utamanya dalam pengentasan kemiskinan di desa Banyuwulu.

“Pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas kegiatan desa sehingga pada tahun selanjutnya kami akan fokus pada kegiatan yang membangun SDM baik yang berupa kegiatan ekonomi dan pemberdayaan,” pungkasnya. (*/Rois)

Pos terkait