Desa Bulakrejo Dideklarasikan Sebagai Kampung Pancasila Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendeklarasikan Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, sebagai Kampung Pancasila, Kamis 24 Maret 2022.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, mengatakan, jika Pancasila bukan hanya dasar negara semata. Namun esensi dari nilai nilai luhur Pancasila hendaknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seluruh warga negara.

“Pancasila adalah komitmen yang harus dijalankan oleh seluruh masyarakat, seluruh warga negara Indonesia,” kata H. Ahmad Dawami.

Bupati juga menginginkan, seluruh desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Madiun juga menerapkan komitmen Kampung Pancasila.

“Kampung Pancasila sendiri bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila hingga tataran terkecil masyarakat,” tuturnya.

Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila, lanjutnya, nantinya akan meningkatkan kecerdasan masyarakat.

“Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul,” tambahnya.

Pengembangan budaya melalui Pancasila, paparnya, juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual.

Untuk diketahui, di Desa Bulakrejo terdapat tempat wisata dengan beragam rumah ibadah yang menjadi ciri khas Pancasila yang berbeda beda, namun tetap berdampingan secara damai. (Dibyo).
H. Ahmad Dawami (baju orange).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait