Desa Krandegan Masuk Nominator Lomba Pelaksanaan Gotong Royong

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun,
masuk nominator lomba Pelaksana Gotong Royong Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Hal ini terungkap saat tim penilaian lapang datang ke Madiun, Senin 29 April 2024.

Dalam penilaian lapang di Kantor Desa Krandegan, Pj. Bupati Madiun, Ir. H. Tontro Pahlawanto, mengucapkan terima kasih atas program dari provinsi yang yang saat ini sudah masuk tahap penilaian.

“Kabupaten Madiun setiap tahunnya selalu masuk dalam nominasi Lomba Pelaksana Gotong Royong Jawa Timur. Ini menunjukkan bahwa kondisi masyarakat kita yang senantiasa menjunjung tinggi gotong royong,” ucap Ir. H. Tontro Pahlawanto.

Ia juga mengapresiasi budaya gotong-royong yang masih sangat kental di Desa Krandegan. Terlihat warga setempat kompak menampilkan potensi desa. Salah satunya terkenal sebagai pusat pembuat tempe.

Sementara itu, Kabid Kemasyarakatan Desa, Dinas PMD Provinsi Jawa Timur selaku Ketua Tim Penilai, Tri Yuwono, mengatakan, pihaknya hanya menjalankan salah satu tugas dari Permendagri Nomor 42 Tahun 2005 untuk menjaga tata nilai tradisi tentang gotong-royong, salah satunya yaitu di Desa Krandegan.

“Lomba BBGRM tingkat Jatim digelar untuk melestarikan budaya gotong-royong di masyarakat. Sebab budaya tersebut mengalami degradasi atau penurunan kualitas dan kuantitas dari tahun ke tahun, ” ungkap Tri Yuwono.

Untuk diketahui, sebanyak 12 orang tim penilai diterjunkan dengan keahlian empat bidang. Yakni bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang lingkungan hidup dan bidang sosial budaya.

Ketua tim berharap Desa Krandegan menjadi pionir di Kabupaten Madiun untuk bisa mendorong desa-desa lainnya.

“Karena jika berbicara gotong-royong, tantangannya berat,” ungkapnya. (Dibyo).

beritalima.com

Pos terkait