Kadis PUBM Kabupaten Malang Raih Penghargaan Prapanca Award Kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif dari PWI

  • Whatsapp
Kadis PUBM Kabupaten Malang Khairul Isnaini saat mendapatkan Penghargaan di Jember Minggu.

Kabupaten Malang, beritalimacom| Malam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2024 di Jember, lalu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma, mendapat penghargaan Prapanca Award Kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim yang diberikan pada Minggu malam (29/4/2024).

“Penghargaan kategori ini diberikan karena saya dinilai telah berhasil membangun infrastruktur jalan pinggiran, sehingga memacu perekonomian yang ada di desa,” ungkapnya kepada awakmedia Senin 29/04.

Bacaan Lainnya

Peningkatan aksesibilitas, menurut Oong panggilan akrab Kadis PUBM antara lain yakni llalu lintas dan angkutan jalan, yang akan memacu pertumbuhan perekonomian kawasan dan masyarakat.

“Karena itu Pemkab Malang berupaya optimal membangun infrastruktur jalan, termasuk jembatan di wilayah pinggiran dan jalan-jalan strategis sebagai poros utama peningkatan perekonomian desa,” katanya.

Dan peningkatan itu diantanya mulai angkutan hasil pertanian, perkebunan, industri, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Malang. Panjang jalan Kabupaten di Kabupaten Malang totalnya 1.668.762 km dengan kemantapan jalan mencapai 72,85 %.

Namun, masih menurut Oong bahwa langkah perbaikan untuk meningkatkan infrastruktur jalan saat ini, terkendala keterbatasan anggaran.

“Meski minim anggaran, tetapi Bupati Malang HM Sanusi mencanangkan pembangunan infrastruktur jalan secara efektif, efisien, tepat sasaran dengan menggerakkan berbagai lini masyarakat,” lanjutnya.

“Pembangunan infrastruktur jalan itu mengoneksikan tiga Koridor Program Berskala Nasional, yaitu KSPN Bromo-Tengger-Semeru, KEK Singhasari, dan PSN Pantai Selatan (Pansela) dengan Bandara Abdurahman Saleh (Abd) Malang, serta Exit Tol Pandaan-Malang,” terangnya.

Selain itu, dikatakan Khairul, instansinya juga melakukan pengeprasan bahu jalan yang tidak standar di sirip-sirip koridor untuk menunjang konektivitas jaringan dan kemantapan jalan. Yang sudah berjalan 5 tahun terakhir ini.

“Pada 2022 kegiatan dilaksanakan di Desa Ngadirejo Kec. Jabung dan Desa Sanankerto Kec. Turen,” paparnya.

Lebih lanjut, Khairul mengaku senang dan bangga mendapat penghargaan Prapanca. Menurutnya, penghargaan ini bisa semakin memacu DPUBM untuk bekerja lebih keras lagi untuk masyarakat.

“Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk membangun berbagai infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

beritalima.com

Pos terkait