Desa Manggis Selalu Siaga

  • Whatsapp

Wonosobo. Beritalima.com – Desa Manggis Kecamatan Leksono kedatangan tamu (26/10) dari Tim Penilai Lomba Desa Siaga dari kabupaten Wonosobo. Tim yang terdiri dari lintas sektoral  diantaranya; Dinas Kesehatan Kantor Lingkungan Hidup, Bapermedes, dan PKK Kabupaten datang pada pukul 12.30 Wib tersebut yang diiringi oleh gerimisnya air hujan disambut oleh Pemerintah desa, BPD, PKK, , FKD dan Tokoh masyarakat.

“Tujuan utama Desa Manggis menjadi peserta Desa Siaga bukan meraih kemenangan namun mengembangkan dan melanjutkan kegiatan Forum Kesehatan Desa (FKD) guna meningkatkan pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat Desa Manggis”, ujar Suyanto selaku Kades dalam acara penyambutan. “Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan bagus dari masyarakat hal ini dapat dibuktikan nanti pada saat tinjauan lapangan”, lanjutnya. Pada kesempatan ini pula dipaparkan tentang kondisi desa oleh ketua FKD Desa Manggis Budi Hartato, dalam pemaparannya dijelaskan bahwa Desa Manggis memiliki luas 33,3 km2, 714 KK, 567 rumah, 25 RT dan 25 RW. Selain itu ia memaparkan tentang pembagian tugas, tupoksi dan kegiatan yang telah dilakukan oleh masing-masing pokja FKD.

Camat Leksono, Abu Yamin dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Manggis adalah satu-satunya Desa di Kecamatan Leksono yang memiliki Perdes tentang pemeliharaan unggas selain itu gotong royong masih tetap terpelihara di desa ini, pencegahan dan penanganan bencana alam sudah bisa diantisipasi dimana desa ini memiliki potensi bencana tanah longsor yang tinggi bila melihat letak demograsinya, ketrampilan pengolahan limbah bias dijadikan ketrampilan seperti tas.

“Indikator pencapaian menjadi desa siaga adalah  belum ada kematian balita dan ibu hamil, semua unsur masyarakat tanggap terhadap kondisi kesehatan masyarakat dengan SIAGA yaitu Siap, antar dan jaga,  selain itu  pencapaian keberhasilannya  adalah dengan menunjukkan tertib administrasi,”, kata Suherni dari Dinas Kesehatan selaku Ketua Tim Penilai Desa Siaga. (Gus Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *