Desa Nglurup, Manfaatkan DD Untuk Membangun Talut dan Saluran Air di Wahana Wisata D’Capin

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pembangunan sarana dan prasarana desa terus ditingkatkan, terlebih, wilayah yang bisa digunakan sebagai tempat wisata.

Seperti halnya, Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Daerah yang mayoritas dataran tinggi dan masih alami ini, sangat cocok dibangun wahana wisata dengan nuansa alam.

Dengan anggaran Dana Desa ( DD), Desa Nglurup memanfaatkan dana tersebut untuk membangun Talut Penahan Tanah (TPT) dan saluran air dari gorong-gorong.

Kepala Desa Nglurup, Suji, mengatakan, anggaran DD tahun 2022, diantaranya digunakan untuk membangun talut dan saluran air di Wahana wisata D’ Capin

“Anggaran DD tahun ini, digunakan untuk pembangunan talut dan saluran air. Karena gorong-gorong tersebut sudah rusak parah. Bahkan ada yang ambruk. Jika tidak segera dibenahi, takutnya ada yang celaka,” ungkap Suji, Jumat 27 Mei 2022.

Suji menambahkan, karena tempat tersebut merupakan daerah untuk wisata, jika tidak diperbaiki, terlihat kurang menyesuaikan.

Menurutnya, pemerataan pembangunan di semua wilayah desa Nglurup, akan segera selesai serta lalu-lintas juga lancar, terutama area tempat wisata.

“Namanya juga tempat wisata, harus diperbarui, dipercantik, dan dikelola dengan baik supaya pengunjung lebih betah lagi,” paparnya.

Kades menambahkan, detail pembangunan di wahana wisata D’Capin dan besarnya anggaran.

“Untuk pembangunan saluran air dari gorong-gorong dengan panjang sekitar 20 meter, Talut Penahan Jalan (TPT) sekitar 16 meter, sekaligus pembangunan bok deker baru. Dari seluruh bangunan menelan biaya sekitar 100 juta, dan dikerjakan selama 1 bulan,” terangnya.

Bangunan talut dan saluran tersebut, masuk Dusun Kalirejo dekat perbatasan Desa Geger arah Dusun Babat. Tetapi, tempatnya masih di area wisata Dusun Kalirejo.

Ia berharap, dengan dibangunnya talut penahan tanah dan saluran air, warga dari dusun Babat, bahkan desa terdekat bisa dengan mudah melaluinya.

“Tempatnya berdekatan dengan jalur protokol lalu-lintas arah Desa Geger dan Desa Kedoyo. Bahkan jika ke kanan terus bisa tembus arah Gambiran, Kecamatan Pagerwojo. Kami harap, bisa lebih meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” harapnya,

Selain itu, karena yang membangun desa sendiri, ia kembali berharap bangunan tersebut tahan lama. karena bangunan itu untuk tempat wisata yang baru di Desa Nglurup.

“Wisata baru D’Capin Jaten View, hari ini sudah mulai dibuka meskipun masih 70% pembangunannya. D’Capin bisa segera menyesuaikan dengan wisata yang sudah ada di Desa Nglurup. Seperti, Buper Jurang Senggani, Kedung Minten, dan Embung,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait