Di Bireuen , Setiap Jumat Bergema Lantunan Ayat Suci Al Quran

  • Whatsapp

Pelaksanaan pengajian rutin yang dilaksanakan di salah satu SD di wilayah Bireuen (Istimewa)
BIREUEN,ACEH,Beritalima.com — Seluruh siswa jajaran Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen mulai jenjang SD,SMP dan SMA setiap Jumat para siswa membaca Al Quran ( Mengaji) dan mengumpulkan dana berupa sedekah untuk disalurkan ke Masjid-Masjid.

Kadisdikpora Bireuen, Drs Nasrul Yuliansyah,M.Pd kepada beritalima,Kamis (5/10) menyebutkan, apa dilakukan itu merupakan tindak lanjut secara kesadaran dari hasil musyawarah yang mereka lakukan untuk peningkatan pemberdayaan syariat Islam.

Ditambahkan, pengajian di sekolah yang mereka lakukan itu bukan suatu hal baru , tetapi sudah berjalan kisaran puluhan tahun lalu sudah bergema lantunan ayat suci Al Quran di seluruh sekolah dalam pelosok Wilayah Kabupaten Bireuen.

Nasrul menjelaskan, Bireuen yang terus berkembang dan terkenal pula dengan Kota Santri, maka tidak heran setiap Jumat baik di sekolah,Dayah dan Pasantren tetap melakukan pengajian rutinitas dan juga mereka memperbanyak sedekah selain membaca Al Quran dan berzikir.

Di semua sekolah dalam jajaran Disdikpora Bireuen sudah lama berjalan kareana setiap guru mewajibkan anak asuhnya diwajibkan mengaji di setiap pagi jumat sekaligus diawasi oleh mereka.

Alhamdulillah siswa di Bireuen membaca Alquran minimal sekali seminggu di sekolah dan merekapun ada mengaji dib alai-balai pengajian, pesantren atau di Meunasah di kampong mereka masing-masing.

“ Para siswa di wilayah Bireuen mengaji itu merupakan hal yang biasa dan sadar akan melantunkan ayat-ayat suci dengan tekun dan taat.” Sebut Nasrul.

Menurut Nasrul, apa yang dilakukan di sekolah sinkronisasi dengan kegiatan pengajian yang dilakukan di rumah atau di desanya masing-masing.

“ Saya mengharapkan kepada seluruh siswa agar mengaji juga di rumah dengan bimbingan guru ngaji atau orangtua sehingga adanya sinergitas dalam membentuk “Generasi Qurani”.” Ujar Nasrul seraya menyebutkan, setiap Jumat siswa juga membiasakan mengumpulkan sedekah untuk disumbangkan ke Masjid saat siswa laki-laki melaksanakan Shalat Jumat.

Dalam kaitan tersebut pihak Disdikpora Bireuen sangat mengharapkan agar seluruh wali murid yang memang mendukung progam tersebut meningkatkan kepedulian. ( Suherman Amin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *