Di Jatim harga gula Melonjak ditenggarai permintaan gula di Indonesia Timur meningkat

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Melonjaknya harga gula pasir di Jatim yang tembus hingga Rp14.500/kg memang sangat disesalkan Komisi B DPRD Jatim. Ditengarai kenaikan harga ini akibat kebutuhan Indonesia wilayah bagian timur meningkat. Sementara Jatim selama ini menjadi daerah penyuplai gula pasir ke Indonesia bagian timur.

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Subianto menegaskan jika permasalahan yang terjadi pada 10 tahun lalu terulang kembali. Dimana harga gula pasir di Jatim mengalami kenaikan. Padahal Jatim sendiri mengalami surplus gula pasir sampai 200 ribu ton. Dari hasil produksi 1 juta ton, sedang kebutuhan hanya sekitar 400 ribu ton hingga 500 ribu ton pertahun.

“Saya berharap kondisi ini tidak lama, karena bulan lima Jatim sudah panen. Disisi lain dengan kenaikan ini tidak berimbas pada para petani tebu. Justru yang diuntungkan adalah para pemodal besar,” tegas politisi asal Partai Demokrat Jatim yang dihubungi lewat telepon genggamnya, Selasa (18/2/2020).

“Sebaliknya jika Jatim menolak menyuplai gula pasir ke Indonesia bagian timur, dikhawatirkan akan muncul kebijakan pemerintah pusat untuk membuka kran impor. Kalau sudah begini jelas petani tebu yang dirugikan. Apalagi selama ini para petani selalu dirugikan Rp700 per kg. Dimana ongkos produksi habis Rp9.900,- sementara pabrik atau Bulog hanya membeli Rp9.100/kg,”tukas Subianto.

Sementara itu Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansyah meminta kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPS) dan Satgas Pangan untuk mendekati sejumlah pabrik gula baik BUMN maupun swasta untuk mengeluarkan stok yang belum digiling. Mengingat selama ini jatim mengalami surplus hingga 200 ribu ton.

Disisi lain lewat Wagub Jatim, Emil Estianto Dardak untuk bekerjasama dengan Polda Jatim mengawasi oknum pengusaha nakal yang menimbun gula pasir.
“Saya sudah mengintruksikan Pak Emil untuk menggandeng Polda Jatim untuk menggelar operasi,”tegaskan orang nomor satu ini. (yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait