Di Wonosobo Ribuan Peserta Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Tampak ribuan peserta upacara Hari Lahir Pancasila di alun – alun Wonosobo mengikuti kegiatan tersebut dengan khitmat walaupun ditengah ibadah puasa dan hari libur. Upacara tersebut diikuti staf ahli menteri PPPA RI Ny. Titik Eko, Forkompimda, ASN, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab, pelajar, pasukan dari Polres dan Kodim, karyawan BUMN/BUMD, jajaran organisasi wanita, ormas dan organisasi pemuda di Wonosobo.

Sementara komandan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 ini adalah Lettu Cpl Tulus Widodo, sedangkan irupnya Dandim Wonosobo, Letkol CZI Fauzan Fadli, S.E.

Bacaan Lainnya

Dandim yang membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah Tuhan bagi bangsa Indonesia yang tiada taranya.

“Walaupun belum sempurna dalam merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Namun harus diakui bahwa eksistensi bangsa dan negara kita hingga saat ini masih dapat bertahan berkat Pancasila.” Kata Dandim.

Adanya peringatan hari kelahiran Pancasila diharapkan akan terbangun kebersamaan dan harapan utnuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.” Lanjut Fauzan Fadli.

Ditambahkan Dandim, pihaknya berharap melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 ini dapat dijadikan sebagai tonggak untuk memaknai lebih dalam Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, Dasar Negara, dan Pandangan Hidup Bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga masyarakat Kabupaten Wonosobo.

“Makna Pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja. Namun perlu adanya wujud nyata dari setiap warga negara Indonesia dalam mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI”. Tukas Dandim Wonosobo pada Sabtu (1/6).

Terpisah, Hari Lahirnya Pancasila juga diperingati di SDN 1 Manggis kecamatan Leksono yang diikuti oleh semua warga sekolah dari dewan guru dan siswanya.

Pada sambutannya kepala sekolah mengungkapkan mengenai sejarah terbentuknya Pancasila dan mengajak para siswanya untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila akan membentuk jiwa kepribadian anak-anak sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.” Kata Harsaya, S.Pd.SD. (Budi/Kiram)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *