Diabetes Melitus vs Diabetes Mody vs Diabetes Insipidus

  • Whatsapp

Oleh ;
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Sampai detik ini, kami yakin bahwa masyarakat kita masih berkesan di benaknya bahwa dunia ini hanya ada satu penyakit Diabetes Mellitus yang dikenal Sakit Gula.Pada hal kita seringn dengar ada penyakit Diabetes Insipidus ,ada pula bernama Diabetes Mody, apa itu!
Mari ikut uraian di bawah ini….!
Di suatu hari, Bu July membawa anak kesayangan Pipit berusia 14 tahun ke dokter menceritakan anaknya divonis sakit Diabetes Insipidus Bu July terkejut mendengarkan nama baru penyakit ini,Dia bercerita bahwa anaknya Pipit dalam beberapa bulan terakhir suka minum air es katanya kerongkongan kering dan semalaman pipis sekitar 8-10 kali,kencing perih,Pernah dibawah ke dokter divonis infeksi keputihan,kata dokternya ini biasa terjadi pada anak gadis baru pubertas, kalau obat habis
keluhan seperti awal tadi yakni Pipis terus,badan lemas kepala pusing.!

DIABETES INSIPIDUS !
Angka kejadian Diabetes Insipidus dalam populasi umum 3:100.000,kalau angka kejadian Diabetes Mellitus semakin hari semakin bertambah karena Life style manusia berobah total .

Diabetes Insipidus adalah penyakit akibat gangguan pada hormon vasopressin dihasilkan bagian belakang kelenjar pituitari. Gejala penyakit ini hampir sama dengan penyakit Diabetes Mellitus diawali haus berat,banyak minum/banyak kencing terutama di malam hari serta ditandai peninggian gula darah karena konsentrasi air terbuang.
Penderita mengeluh lemas / lesu berat karena banyak kencing karena kadar
1,Natrium rendah Hyponatriunemi menyebabkan badan lesu,pikiran kosong
2.Kalium menurun (Hypokaliemia) menyebabkan jantung lemahn
3.Calsium meninggi (Hypercalcaemia) menyebabkan kejang kejang
untuk mencegah agar penderita tidak jatuh pingsan karena kekurangan elektrolit Maka sangat dianjurkan penderita komsumsi cairan yang mengandung Elektrolit seperti oralit ,pocari dll.

Penyebab Diabetes Insipidus ?
1.Trauma otak,
2,tumor otak,
3.gangguan pembuluh darah
4.infeksi otak seprti radang selaput otak sifilis otak
5.keracunan obat lithlium.Colcidine dimethylchlorotetracyclin
6,Gangguan elektrolit :Hypercalcaemiadan Hypokalemia menetap.
7.Gangguan penyumbatan saluran kencing yang lama
8.kehamilan akibat gangguan pada ARI-ARI anak.

Pemeriksaan Laboratorium
Water Depriviation Test membutuh waktu 8jam untuk evaluasi Hormon Vasopressin bekerja atau tidak. Walaupun Diabetes Insipidus jarang sekali kita temukany

Pengobatan ;
Pemgobatan benar sulit karena harus mengetahui sumber penyebabnya. Namun yang terpenting adalah menjaga keseimbangan elektrolit tubuh yakni; Natrium/Kalium dan Calcium.

DIABETES MELLITUS !
Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menempati urutan keenam di dunia sebagai negara dengan jumlah penderita Diabetes Mellitusnya terbanyak setelah India, China, Uni Sovyet, Jepang, dan Brasil. Tercatat pada tahun 1995, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 5 juta dengan peningkatan sebanyak 230.000 pasien diabetes per tahunnya, sehingga pada tahun 2005 diperkirakan akan mencapai 12 juta penderita.
Diabetes Mellitus dikenal masyarakat awam dengan istilah kencing manis adalah penyakit yang disebabkan peran fungsi pankreas terganggu dan mutu insulin tidak bekerja secara efektif ditandai dengan gejala awal :berat badan semakin kurus haus/kuat minum/kuat makan dan kencing banyak terutama di malam hari

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit degeneratif yang memerlukan upaya penanganan yang tepat dan serius. Karena jika tidak, dampak dari penyakit tersebut akan membawa berbagai komplikasi penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, dan kerusakan system syaraf.

DIabetes Mellitus dibagi atas 2 tipe:
1. Diabetes tipe 1 dikenal DM keturunan dimana fungsi Pankreas n Mutu Insulin tidak berperan sama sekali sehingga membutuhkan suntikan insulin seumur hidup, dalam bahasa medis disebut Insulin Dependent Diabetes Mellitus. Sampai detik
Ini ada penelitian terapi stemcell sedang dilakukan,menurut beberapa laporan riset bahwa tipe ini jauh lebih cepat sembuh total dengqn terapi stemcell. Kita tunggu hasil akhirnya karena sedang dalam tahap fase 2.

2. Diabetes tipe 2 karena mutu maupun jumlah insulin bermasalah bisa karena mengalami resistensi ,infeksi,obat2xan,gondok dll Tipe ini bisa diperbaiki
Pengobatan DM dikatakan berhasil selain Gula darah terkendali juga komplikasi terkendali

DIABETES MODY !
MODY singkatan Maturity Onset of Diabetes in the Young merupakan DM Tipe 2 pada anak-anak dan remaja. DM tipe 2 (DM tidak tergantung insulin) umumnya dimulai pada usia remaja pertengahan dengan gangguan terutama pada reseptor insulin. Gangguan reseptor insulin yang disebut resistensi insulin atau Homa IR tinggi)merupakan ciri utama baik DM tipe 2 maupun MODY.Tanda Tanda Diabetes tipe Mody :
1.tidak memiliki keluhan apa pun
2.selera makannya yang luar biasa dan
3.berat yang terus bertambah karena penimbunan lemak di perut

Pemeriksaan laboratorium yang menunjang. menunjukan
1. Kenaikan trigliserid (TG).
2. Kadar gula darah mungkin naik tapi masih di bawah 126 mg/dL.
3.Kadar Adiponektin menurun

Penyebab MODY diperkirakan karena anak dan remaja komsumsi karbohidrat terlalu banyak (gula dan tepung gandum selain lemak jenuh.)
Pengobatan DM Mody sama dengan terapi DM tipe 2
Pencegahan MODY dapat dilakukan dgn meningkatkan makanan berserat seperti roti gandum utuh, kacang-kacangan, beras merah/beras tumbuk, sayuran dan buah serta olahraga rutin
Sekilas info, semoga bermanfaat
Roberto News,1464《`24.6.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait