Dialog Publik di Jember, Ada Emas Dibalik Tumpukan Sampah

  • Whatsapp
Dialog Publik jadikan sampah bernilai emas (beritalima.com/sugik)
Dialog Publik jadikan sampah bernilai emas (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Pemerintah Kabupaten Jember terus gencar menciptakan daerah bebas sampah, dengan cara menjadikan tumpukan sampah bernilai emas.

Hal itu di sampaikan saat dialog publik yang digelar di Hari Pers Nasional oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis 9 Februari 2023.

Bacaan Lainnya

Hadir sebagai narasumber kompeten, Bupati Jember H. Hendy Siswanto, Anggota DPRD Jatim H. Satib, M. Si dan dua dosen dari Universitas Jember Ciplis Gema dan Tri Ratnasari.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan, agar kegiatan ini bisa berkelanjutan sebagai wadah penyampaian aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya.

“Keren sekali dalam peringatan HPN 2023 dan HUT PWI ke-77 ini, kegiatannya dikemas melalui dialog publik, yang temanya juga menarik,” ungkapnya.

Terkait upaya pemerintah setempat, untuk menggali potensi rupiah atau emas dari tumpukan sampah yang ada di Jember, kata Hendy, pihaknya akan menggandeng lembaga pendidikan.

Setiap murid nantinya akan diminta membawa sampah yang ada di rumah masing-masing ke sekolah, untuk kemudian diberikan pemahaman mengenai pemilahan, serta pengelolaannya.

“Kami edukasi, mulai dari anak-anak dulu. Agar mereka punya kesadaran untuk mengolah sampah, yang nantinya dapat menghasilkan cuan,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur H. Satib, M.Si mengatakan, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) Sampah, yang salah satunya membahas terkait pengelolaan sampah.

Dirinya mengatakan, sampah di Kabupaten Jember cukup potensial untuk dijadikan rupiah maupun emas.

Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) perlu untuk memiliki sebuah sistem yang strategis, dalam pengelolaan sampah.

Pewarta : Sugi

beritalima.com
beritalima.comberitalima.com

Pos terkait