Lilik Hendarwati Sebut Masyarakat Antusias Pelajari Ilmu Politik

  • Whatsapp

Caption:
Hj Lilik Hendarwati berfoto bersama dengan para peserta usai melakukan paparan ilmu politik

SURABAYA, beritalima.com|
Membangun sebuah negara yang adil makmur sejahtera, bukan hanya tergantung pada para eksekutif maupun legislatif. Tetapi juga dibutuhkan keterlibatan masyarakat dalam merespon dan mengontrol kinerja para penguasa negara. Termasuk diantaranya adalah melaksanakan program-program kebijakan pemerintah.

Namun semua upaya tersebut tidak akan berhasil dengan baik, jika masyarakat, baik para cendikiawan maupun masyarakat awam, tidak memahami bagaimana mengelola negara yang cenderung menggunakan sistem politik.

Karena itu sangat penting mengedukasi masyarakat tentang ilmu politik. Bagaimana sesuatu itu terlibat dalam kebijakan politik.
Demikian penjelasan yang disampaikan oleh anggota DPRD provinsi Jatim Hj Lilik Hendarwati

Perempuan cantik berhijab ini mengungkapkan bahwa masyarakat sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan bendahara DPW PKS Jatim ini.

“Saya hadir di masyarakat, saya mengapresiasi semangat masyarakat dalam menyerap pembelajaran tentang ilmu politik.
Saya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat untuk memahamkan kepada mereka tentang peran anggota dewan. Karena anggota dewan ini tentu saja menjadi wakil masyarakat yang harus betul-betul dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat, tidak hanya sekedar masalah advokasi, tetapi juga memberikan solusi terhadap masalah sosial,” tuturnya.

Anggota komisi C DPRD provinsi Jatim ini menyebutkan, disamping melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran pemerintah, seorang legislatif juga berusaha untuk memberikan budget kepada masyarakat.

“Bagaimana peran seorang legislatif melakukan kedekatan dengan masyarakat, terutama untuk pemberdayaan itu penting, karena kita ini adalah jembatan yang menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah sebagai pelaksana kebijakan. Apa yang diinginkan oleh masyarakat, apa yang dilakukan pemerintah tetapi dianggap merugikan masyarakat, kitalah yang harus menyampaikan kritik, karena salah satu tugas anggota dewan adalah melakukan kontrol terhadap kinerja pemerintah,” sambungnya.

Menurut Lilik, sebagai seorang wakil rakyat, pihaknya menjadi kepanjangan tangan antara masyarakat dengan eksekutif. Beberapa program yang diberikan oleh pemerintah akan diimplementasikan ke masyarakat, namun Lilik mengakui program-program tersebut harus berpihak pada kepentingan masyarakat.

“Salah satu tugas anggota dewan yang menyuarakan aspirasi masyarakat adalah mensosialisasikan program pemerintah. Saya ingin masyarakat itu mengenal anggota dewan, agar jika terjadi masalah diantara mereka, mereka tahu kemana mereka akan mengadu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Disamping itu, sebagai anggota dewan kita juga memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat,” lanjutnya.

Lilik menambahkan, disela-sela kesibukannya, Lilik juga memberikan bantuan terkait dengan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan, peningkatan skill, pinjaman modal tanpa bunga.

“Karena itu yang mungkin akan menguatkan ikatan kita dengan mereka. Meskipun kita menyadari bahwa politik saat ini lebih banyak transasional. Saya ingin membuktikan bahwa Sebenarnya kita ini bisa membantu masyarakat dengan politik pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait