Didesa Keting Jember Terdapat Satu Rumah Satu Kolam

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Salah satu desa di Jember terdapat program ‘Satu Rumah Satu Kolam’ yang digagas oleh Arif Suhartani.

Dari gagasan tersebut, pria asal Desa Keting, Kecamatan Jombang, mendapat respon positif dari Bupati Jember H. Hendy Siswanto beserta Wakilnya Gus Firjaun.

Bacaan Lainnya

Dengan harapan, pengalaman pembudidayaan ikan dan produksi pakan ikan yang berhasil di ekspor itu, bisa diteruskan ke masyarakat jember.

“Pilot project itu ada di Dusun Krajan I, Desa Keting, Jombang. Disana ada namanya “Kampung Ikan”. Intinya ada satu rumah satu kolam,” katanya, Selasa (8/6/2021).

Arif menyebut, program Kampung Ikan itu swadaya dari masyarakat. Dimana rencananya akan dikembangkan ke desa-desa atau kecamatan di Kabupaten Jember.

“Sementara masih 100 rumah, program satu rumah satu kolam,” sebutnya.

Arif mengatakan, dirinya akan melakukan pendampingan, kepada masyarakat yang yang bibit dan pakan dari produksinya.

“Kita dampingi dari awal sampai pada proses panen. Jadi kalau mereka tidak punya tengkulak, kita menyiapkan panennya. Jadi masyarakat tidak usah kuatir, jadi tinggal merawat saja,” tegasnya.

Sementara, Bupati Jember mengungkapkan, jika Arif Suhartani pemilik dari PT Timoer Mandiri merupakan asli putra daerah.

“Kami datang kesini, bagaimana pengalaman mas arif ini bisa dijadikan peluang bagi masyarakat,” ucapnya.

Pemkab Jember akan melakukan pilot project selama enam bulan. “Itu akan menjadi produk kita nanti dan bisa membantu masyarakat,” harapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait