Diduga Pungli, Dinsih DKI Jakarta Bidik 1 Oknum PHL Jakut

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Dinas Kebersihan DKI Jakarta tengah membidik satu oknum Pegawai Harian Lepas (PHL) kebersihan di Jakarta Utara yang diduga melakukan pungli. Setelah sebelum sudah ada dua PHL yang terbukti melakukan praktik pungli dipecat.

Terakhir kasus pungli PHL terjadi di Jakarta Utara dan dua oknum PHL sudah dipecat sejak 1 September lalu. Namun ditenggarai masih ada satu PHL lagi yang melakukan pungli. Hanya saja pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. “Jika bukti-bukti sudah kuat maka pemecatan akan dilakukan menyusul,” tegas Ali Maulana Hakim Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Selasa (18/10/2016).
Murutnya salah satu cara pencegahan kasus pungli adalah dengan menyebar nomor handphone miliknya dan milik Kadis Kebersihan ke sejumlah PHL. Kemudian sebagian dari PHL juga ditugaskan untuk mengawasi.
“Kasus Pungli itu sekarang diam-diam, tidak terbuka. Makanya kita awasi secara ketat. Salah satu caranya, kita sebar no HP agar jika ada temuan langsung laporkan,”ujar Ali.
Dikatakan Ali, pihaknya tak memberikan toleransi bagi oknum pelaku pungli PHL. Bahkan kini orang yang memberi pungutan, atau korban pungli, akan dikenai sanksi surat peringatan (Sp1).

Sedangkan modus yang dilakukan pelaku pungli saat ini adalah dengan memintai uang berkisar Rp 50-100 ribu per bulan ke setiap PHL. Dengan alasan untuk uang kebersamaan dan kepentingan sosial yang sifatnya mendadak. Namun ini hanya tipu muslihat pelaku tidak ada pelaksanaannya dan uang digunakan untuk kepentingan pribadi. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *