Dies Natalis UWKS Ke-41, Unggul Lahirkan Leader Kewirausahaan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Prof Dr H Widodo Ario Kentjono dr Sp THT-KL FICS mengatakan, tantangan yang dihadapi UWKS dari tahun ke tahun semakin berat. Namun demikian, pihaknya terus berusaha menjadikan perguruan tinggi ini unggul dan terdepan.

“Kita terus berupaya menjadikan perguruan tinggi ini unggul dan terdepan bercirikan wawasan lingkungan dan kewirausahaan,” kata Prof Widodo dalam agenda Laporan Tahunan Rektor 2022 pada Rapat Terbuka Senat di acara peringatan Dies Natalis UWKS Ke-41, Selasa (9/8/2022).

“Kita terus berusaha menghasilkan lulusan yang unggul di bidangnya dan menjadi leader yang berwawasan lingkungan dan kewirausahaan,” tandasnya.

Dia sampaikan, UWKS kini sedang mempersiapkan 12 program studinya untuk melaksanakan reakreditasi pada 2023. Saat ini, dari 28 program studi di UWKS, 3 di antaranya sudah terakreditasi A, 21 program studi terakreditasi B, 3 terakreditasi Baik Sekali, dan 1 program studi terakreditasi Baik.

Selain itu disampaikan, saat ini UWKS memiliki 363 dosen yang terdiri dari 23 dosen tetap PNS Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, 319 dosen tetap ber-NIDN, dan 21 dosen tetap ber-NIDK.

Dan, jumlah mahasiswa UWKS penerima beasiswa, baik dari pemerintah, dari CSR perusahaan swasta, maupun dari UWKS sendiri, juga terus meningkat.

Selama 2021 jumlah mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah Kemenristekdikti tercatat sebanyak 155 mahasiswa. Angka ini meningkat dibanding 2020 yang hanya 88 mahasiswa. Sementara jumlah mahasiswa penerima beasiswa CSR perusahaan ada 100 orang, dan beasiswa prestasi akademik, olahraga, seni dan penalaran sebanyak 55 orang.

Diutarakannya pula, UWKS pun aktif menggelar berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) penelitinya. “Dukungan terhadap dosen agar berkompeten di bidang penelitian dan pengabdian diwujudkan dalam bentuk dukungan dana yang cukup besar,” tandasnya.

Dalam Rapat Terbuka Senat peringatan Dies Natalis Ke-41 ini UWKS menghadirkan Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Dyah Sawitri, yang dalam orasi ilmiahnya mendorong UWKS agar mendapatkan akreditasi unggul secara internasional. Menurutnya, untuk mencapai itu kuncinya memang pada sumber daya manusia (SDM).

Dyah juga menyampaikan, tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta, karena semua outputnya tetap sama. “Bedanya, kalau PTS dirikan oleh masyarakat dan PTN oleh pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Dyah mengajak Civitas Akademika UWKS untuk membudayakan para lulusannya sebagai pencetak kerja, bukan lagi pencari kerja seperti yang telah terjadi selama ini. (Gan)

Teks Foto: Rektor UWKS, Prof Dr H Widodo Ario Kentjono dr Sp THT-KL FICS, memberikan cinderamata kepada Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Dyah Sawitri, di peringatan Dies Natalis UWKS Ke-41, Selasa (9/8/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait