Dikabarkan Jadi Calon Kuat Kapolri, Komjen Listyo Sigit Mengaku Tidak Tahu

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com | Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengaku tidak tahu-menahu tentang kabar bahwa dirinya menjadi kandidat kuat calon kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu dan muncul dari mana. Karena tidak jelas sumbernya, jadi saya bilang itu hoax saja,” kata Sigit saat dihubungi Beritalima.com Selasa (12/1/2021).

Menurut Sigit, yang terpenting saat ini adalah bagaimana Bareskrim bekerja secara profesional dengan melakukan pembenahan internal agar bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, dan transparan.

“Bareskrim diharapkan juga bisa memberikan rasa aman dan kepastian hukum serta rasa keadilan untuk masyarakat supaya lebih dipercaya,” kata Sigit.

Seperti diberitakan, jika benar Sigit yang ditunjuk Jokowi menjadi calon kapolri, maka dia akan “melompati” tiga angkatan lainnya, yakni 88B, 89, dan 90. Sigit adalah lulusan Akpol angkatan 91.

Sigit mempunyai masa kerja aktif yang panjang karena ia baru akan pensiun pada 1 Juni 2027 atau masih punya masa kerja 6,5 tahun, sementara jabatan kapolri biasanya hanya 2-3 tahun.

Chemistry antara Sigit dengan Jokowi memang sudah terbentuk sejak 2011, yakni saat dirinya menjabat kapolres Solo dengan pangkat kombes. Ketika itu Jokowi masih menjabat sebagai wali kota Solo. Saat itu keduanya bahu-membahu menangani krisis dari peristiwa bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Solo pada 25 September 2011.

Dari Solo hubungan mereka kembali dekat dan berlanjut saat Jokowi menjadi presiden pada 2014. Saat itu Sigit diajak ke Istana Kepresidenan untui menjadi ajudan Jokowi selama dua tahun.

Sejak itu Sigit dikenal sebagai anak emas Jokowi dan kariernya terus meroket. Dia adalah perwira pertama yang meraih pangkat brigjen di angkatan 1991 saat Sigit dipromosikan sebagai kapolda Banten pada Oktober 2016. Bintang di pundaknya bertambah menjadi tiga saat dilantik sebagai kabareskrim pada 6 Desember 2019 menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis (lulusan Akpol 88A) yang saat itu dilantik menjadi kapolri.

Fredi Andi, Beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait