Dikunjungi Perempuan Tani HKTI Jatim, Walikota Probolinggo Bicara Potensi Mangga Pisang Hingga Pelabuhan Tanjung Tembaga

  • Whatsapp
Penyerahan Obat Covid oleh Lia Istifhama pada Walikota Habib Hadi, didampingi Shinta, Nurul Qomariyah, Mimie Jamilah, dan Shofi Shofiyah.

PROBOLINGGO, beritalima.com | Habib Hadi Zainal Abidin Wali Kota Probolinggo yang dilantik pada Januari 2019 lalu, baru-baru ini membuat gebrakan dengan mendatangi KPK hanya untuk menyerahkan sejumlah hadiah yang diterima pasca persalinan istrinya. Sikap tegas beliau semakin menguatkan profil pemimpin yang visioner.

Hal ini diakui banyak pihak, diantaranya oleh aktivis social Perempuan Tani HKTI Jatim.“Pemikiran beliau sangat egaliter, universal, dan responsive sesuai situasi terkini. Saat berbincang dengan kami Senin (11/10) lalu, beliau terlihat sekali keilmuannya. Terutama saat berbicara ketahanan pangan ataupun potensi pertanian, beliau sampaikan bahwa market (pasar), tidak bisa berbicara sebuah regional saja. Melainkan, bagaimana orang dari luar propinsi Jatim pun, bisa tertarik produk Kota Probolinggo. Itu salah satu contohnya. Beliau juga menekankan pentingnya pemasaran yang bisa menjangkau luar negeri, jadi kemampuan Bahasa asing penting bagi pejuang ekonomi saat ini,” ujar Dr. Lia Istifhama, ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim.

Habib Hadi sendiri, memang memiliki beberapa inovasi. Diantaranya adalah Kebun Bawang Ramah Inflasi (Kebari) yang menjadi pusat budidaya nila dan Kebun Mangga Pisang (Kemanggis).“Aktivis Perempuan memang harus memiliki spirit besar menguatkan produk local. Contohnya untuk Kota Probolinggo, kami ada mangga pisang. Ini merupakan varietas baru hasil persilangan mangga arumanis Probolinggo dengan mangga saygon,” ujar walikota yang sebelumnya dikenal sebagai politikus yang lahir dari pesantren.

Walikota yang sebelumnya sempat gowes bareng Gubernur Jatim Khofifah, juga menjelaskan impiannya agar kelak pelabuhan Kota Probolinggo bisa tersambung dengan pelabuhan Kamal, Bangkalan.“Selain Mayangan, disini ada pelabuhan yang sangat legendaris, yaitu Pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Jepang. Pelabuhan ini merupakan salah satu potensi penting Kota Probolinggo, karena merupakan penghubung ke Pulau Gili Ketapang”, pungkasnya.Acara kunjungan tersebut, sekaligus penyerahan bantuan Covid 19, yaitu obat herbal Huang Bei dari HKTI. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait