Dikunjungi PT HKTI, PJ Bupati Sidoarjo Ungkap Impian Peningkatan Desa Wisata

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Setelah sebelumnya berhasil menstabilkan harga kedelai yang semula 9500 per kilogram menjadi 8500 per kg, PJ Bupati Sidoarjo, Hudiyono, mengungkap keinginannya mendukung peningkatan potensi desa wisata.

“Alhamdulillah, setelah normal harga kedelai, Pemkab Sidoarjo juga telah menunjukkan keinginan penguatan pabrik-pabrik pengeringan jagung yang pastinya bukan hanya mendukung sektor pertanian, namun juga peningkatan tenaga kerja. Nah, kami ingin perluasan lagi sektor pertanian di ranah pariwisata”, ungkapnya di hadapan pengurus Perempuan Tani HKTI Jatim (20/1).

Bertempat di pendopo Bupati Sidoarjo, beberapa pengurus PT HKTI naungan ketua umum Dian Novita Susanto terlihat ngobrol dengan gayeng dengan PJ Bupati yang meraih gelar Magister dari UGM tersebut.

“Harapan saya, Sidoarjo semakin unggul dalam sektor pariwisata. Semakin banyak desa wisata mengingat potensi agraris yang cukup tinggi. Memang kita semua tahu, bahwa Sidoarjo sangat dikenal sebagai pusatnya area pemancingan sekaligus wisata keluarga. Kalau lebih luas lagi variannya, tentu semakin kuat daya tarik wisatawan local maupun mancanegara di sini”, jelasnya.

“Contohnya, destinasi wisata yang berkaitan dengan olahraga kuda. Ini kan bagus, karena tidak banyak tempat wisata seperti itu. Kebetulan, di Tanggulangin, kami punya Yussar Stable and riding club. Yussar ini tempat latihan berkuda dengan luas 1 hektar lebih. Juga direncanakan bertambah beberapa spot olahraga yang mendukung di sana. Kami senang dengan potensi tersebut, karena ternyata secara nyata menjadi efek domino peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Terutama sektor UMKM di bidang pembuatan sepatu dan helm berkuda. Daerah tersebut bisa disebut kampung mati secara ekonomi karena dampak Lapindo, namun sekarang sudah jauh berkembang”, pungkasnya.

Lia Istifhama selaku ketua Perempuan Tani HKTI Jatim, menjelaskan apresiasinya.
“Kreatifitas warga Sidoarjo menumbuhkan destinasi wisata yang berbeda dengan wilayah lainnya, tentu hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, ada dukungan dari Pemkab Sidoarjo. Tentu dua poin tersebut, yaitu kreatifitas warga dan dukungan pemerintah, menjadi modal penting penguatan sektor ekonomi Sidoarjo”, jelasnya.

Kunjungan tersebut kemudian diakhiri dengan kunjungan secara langsung di area berkuda Yussar yang terletak di Tanggulangin.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait