Dinas Kelautan dan Perikanan Pamekasan, Edukasi Makan Ikan untuk Cegah Stunting

  • Whatsapp
Ket Foto: Foto bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Pamekasan dengan Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak PKK Pamekasan.

PAMEKASAN, Beritalima.com| Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten dan PKK setempat memberikan penyuluhan berupa edukasi kepada warga tentang pentingnya mengkonsumsi ikan kepada Balita.

Acara yang berlangsung di Balai Desa Bukek, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (29/6/2022), tampak dihadiri oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Pamekasan, Ani Fattah Yasin, Sekertaris Tim Penggerak PKK Pamekasan.

Selain itu turut hadir, Pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan sebagai narasumber pertama, Pengusaha Ikan Lele Baddrut sebagai Narasumber kedua, Tim Kesehatan Puskesmas Tlanakan dan puluhan ibu-ibu beserta balitanya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Pamekasan, Ani Fattah Yasin mengatakan, bahwa kegiatan cegah stunting dan edukasi makan ikan merupakan kegiatan lanjutan dari rumah makan ikan yang selama ini dilakukan setiap tahunnya.
“Tapi berdasarkan data studi stanting di Pamekasan masih kunjung. Pada Tahun 2021 angka stunting sudah mulai menurun mencapai 11,7 dari 18 persen ,”ungkap saat sambutan di Balai Desa Bukek. Rabu (29/6/2022), pagi.

Namun menurutnya, sejak tahun 2019 kegiatan rumah makan ikan tersebut dilakukan di wilayah stunting. “Anaknya harus makan ikan supaya angka stunting di Pamekasan menurun. Kegiatan cegah stunting merupakan program nasional dan menjadi program prioritas kabupaten Pamekasan,”terangnya.

Lanjut dirinya berharap kegiatan edukasi pentingnya mengkonsumsi makan ikan bisa menjadi solusi terbaik untuk menurunkan stunting di wilayah Pamekasan.

“Penekanan angka stunting menjadi tanggung jawab dinas terkait. Akan tetapi, hal ini juga menjadi tanggung jawab kita semua utamanya dalam rangka mewujudkan generasi cerdas,” terangnya.

Pihaknya berharap kepada kader dan tim penggerak kecamatan dan Desa untuk selalu mendorong masyarakat utamanya anak-anak sekolah agar gerakan makan ikan semakin masif dan meluas di kabupaten Pamekasan khususnya di kecamatan Tlanakan.

“Kepada dinas Kelautan dan Perikanan supaya mendukung ketersediaan produksi ikan di wilayah pesisir dengan program pengembangan budidaya ikan tawar yang telah disertifikasi oleh produk olahan perikanan dan kelautan,” pungkasnya.

Perlu diketahui Kegiatan edukasi cegah stunting dengan makan ikan tersebut diiringi dengan pemberian sovenir dengan menu makanan Sate lele, Lele bumbu, Lele krispe. (An).

Ket Foto: Foto bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Pamekasan dengan Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak PKK Pamekasan.
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait