Dinas Ketahanan Pangan Gandeng Pemdes Gondosuli Gelar Gerakan Pangan Murah

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Tulungagung menggelar gerakan pangan murah atau pasar murah selama dua hari.

Kegiatan gerakan pangan murah bertempat, di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, digelar pada tanggal 8-9 Juni 2023.

Hal itu disampaikan oleh, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agus Suswantoro S.Sos.M.Si saat berada di kegiatan gerakan pangan murah Gondosuli. Kamis, (8/6/2023).

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional, menyongsong Hari Raya Idul adha 1444 H.

“Tentunya, pada saat menjelang hari besar keagamaan seperti ini, masyarakat sangat mengharapkan bahan pokok dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, DKP melihat situasi dan kondisi seperti itu, segera melakukan gelar pasar murah,” ucapnya.

Lanjutnya, gerakan pasar murah bertujuan, pertama, untuk stabilisasi harga pangan khususnya sembako, diantara beras, telur, gula, minyak, ikan, sayur-sayuran, wortel, gubis, Lombok dan lainnya.

Kemudian yang kedua, untuk pengendalian inflasi daerah, Alhamdulillah dengan beberapa gebrakan kegiatan kita bisa menyumbang untuk mengendalikan inflasi daerah di Kabupaten Tulungagung. Sehingga evaluasi yang terakhir hari Selasa kemarin, inflasi daerah masih terkendali.

“Ketiga, memberi kesempatan kepada masyarakat khususnya warga Desa Gondosuli dan umumnya Kabupaten Tulungagung untuk bisa mendapatkan harga pangan murah berkualitas dengan harga di bawah harga pasar,” lanjut Agus.

Pihaknya berharap, gerakan pangan murah bisa mengendalikan harga, mengendalikan inflasi dan membantu masyarakat yang daya belinya kurang mampu dapat menjangkau.

“Kita beri kesempatan untuk belanja pangan dengan harga murah, karena barang-barang yang kita sediakan merupakan dari petani langsung dan harganya bisa kita tekan di bawah harga pasar,” Harapnya.

“Perlu diketahui, kegiatan ini bukan hanya Dinas Ketahanan saja tetapi berkolaborasi dengan OPD lainnya. Kita juga ada bantuan dari Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Bulog dan juga menggandeng Puskesmas Gondang dan Servis gratis dari salah satu Diler sepeda motor,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gondosuli Daruno mengatakan, Pemdes Gondosuli telah mengagendakan di Tahun 2023 ini Bersih Desa sekaligus mengadakan pagelaran wayang kulit untuk hiburan warga.

“Gerakan pasar murah yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan merupakan rangkaian dari Kegiatan Bersih Desa Gondosuli dan puncak acara hari Sabtu pagelaran wayang kulit semalam suntuk,” Kata Daruno.

Pihaknya, secara pribadi dan mewakili Pemdes serta masyarakat Desa Gondosuli, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya gerakan pangan murah ini

“Yang jelas, masyarakat Desa Gondosuli sangat terbantu, karena yang disajikan dan dipasarkan harganya sangat jauh dari harga pasar. Kedepan, kami berharap setiap tahun bisa menghadirkan Dinas-dinas terkait untuk memasarkan produk-produknya di Desa Gondosuli,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait