Dinas Perkim Segera Bangun Jaringan Pipa Air Dari Sumur Bor Amerta Untuk 150 KK

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Sejak beberapa tahun terakhir warga Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, setiap musim kemarau kesulitan air bersih, namun sekarang telah memiliki sumber mata air baru sumur bor “AMERTA”.

Sumur bor diresmikan oleh Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno bersama Ketua IKA UNAIR cabang Tulungagung PAPDI cabang Surabaya dan perwakilan sejumlah organisasi lainnya. Minggu, (19/05/2024).

Menurutnya, pembangunan sumur bor tersebut merupakan program Aksi Merdeka Air dan Tanaman untuk Alam (Amerta) hasil kolaborasi IKA UNAIR dengan Persatuan Ahli Penyakit Deman Indonesia (PAPDI) Surabaya, Ikatan Alumni IPD UNAIR, LMI, Rumah Zakat, Alumni Psikologi UNAIR dan Pemkab Tulungagung.

Pj. Bupati mengucapkan, atas nama Pemerintah Daerah Pj Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya atas dibangunnya sumur bor Amerta tersebut.

“Terimakasih kepada IKA UNAIR, PAPDI cabang Surabaya dan seluruh donatur atas bantuan sumur bor yang diberikan kepada masyarakat Desa Tenggarejo,” ucapnya.

Lanjut Heru Suseno, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan sumur bor dan mendelegasikan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Tulungagung untuk membangun jaringan pipa air yang menuju ke rumah warga.

“Dinas Perkim Tulungagung akan mendistribusikan air dari tandon menuju ke rumah-rumah warga, dan tahun ini sudah dianggarkan sekitar 100 rumah warga,” terangnya.

Selain peresmian sumur bor Amerta, paparnya, juga melakukan penanaman pohon alpukat yang tak jauh dari sumur bor sebagai langkah untuk melestarikan lingkungan agar supaya sumber air di wilayah sekitar tetap terjaga.

“Disini kita juga melakukan penanaman pohon alpukat, selain manfaatnya untuk menjaga sumber mata air, buahnya juga bisa dimanfaatkan bagi warga sekitar,” tutup PJ.Bupati Heru Suseno.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Tulungagung Anang Pratistianto menyampaikan bahwa, pihaknya akan melakukan pengembangan jaringan pipa air untuk mendistribusikan air ke warga masyarakat melalui DAK tahun 2025 nanti.

“Melalui DAK, tadi sudah disampaikan ada sekitar 150 KK, mudah-mudahan nanti bisa lebih dari itu, kemungkinan bisa 200 an KK” ungkapnya.

Ia juga berharap, dengan adanya sumur bor Amerta ini kebutuhan air bersih masyarakat Tenggarejo khususnya bisa terpenuhi.

“Dengan keberadaan sumur bor Amerta ini, semoga bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sini dan sekitarnya,” harapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Tenggarejo Mujito mengungkapkan, terimakasih kepada IKA UNAIR dan semua pihak yang telah memberikan bantuan sumur bor kepada Pemdes dan warga kami.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan bantuan berupa sumur bor ini. Kami juga berterima kasih kepada bapak Pj Bupati yang telah merekomendasikan Dinas Perkim Tulungagung untuk melanjutkan terkait penyaluran air dari sumur bor kepada warga kami. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan barokah bagi warga desa kami,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait