Dinas Pertanian Kota Kupang Lakukan Vaksin Rabies Gratis

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com — Bidang Veteriner, Dinas Pertanian Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara (NTT) melakukan vaksinasi rabies secara gratis di Keluruhan, Kota Kupang.

Drh. Prima Haba Ora, tim vaksinasi dari Dinas Pertanian Kota Kupang, saat ditemui di Kelurahan Naikolan, Selasa (21/5/2024) menyampaikan, kegiatan vaksinasi rabies ini sudah dilaksanakan sejak Juni 2023.

“Dinas Pertanian Kota Kupang sendiri, program vaksinasi ini sudah dilakukan pada Juni 2023 lalu. Waktu merebaknya kasus rabies di Soe, kami langsung bentuk tim tanggap rabies di Kota Kupang. Kalau tahun ini, vaksinasi rabies bekerjasama dengan BPBD Provinsi NTT”, kata Prima Haba Ora menambahkan.

Dikatakan Prima, vaksinasi gratis ini akan dilaksanakan di seluruh Kota Kupang, dimana tim vaksinasi rabies ini terbagi dalam tiga tim untuk enam kecamatan, yakni kecamatan Maulafa, Oebobo, Alak, Kota Raja, Kota Lama dan Kecamatan Kelapa Lima.

“Kami tim dua melakukan vaksinasi di Kecamatan Oebobo dan Maulafa. Hari ini kami lakukan vaksin di Kelurahan Naikolan jumlah 30 dosis”, kata dr. Prima.

Vaksinasi yang dilakukan dari rumah ke rumah, tim dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Kupang berhasil memvaksin sebanyak 30 ekor anjing.

Tim vaksinasi di Kecamatan Oebobo dan Maulafa, terdiri dari drh. Prima Haba Ora, drh. Ardy Ngangguk, dan petugas lainnya.

Kegiatan vaksinasi, juga hadir Sekretaris Lurah Naikolan, Roy Radja Lay, Babinsa Kelurahan Naikolan Sertu Hasan Basri.

Menurut Prima, masa pembentukan antibodi vaksin ini untuk anjing yakni tiga bulan sampai satu tahun. “Jadi setelah divaksin disarankan untuk tidak dipotong atau konsumsi dari tiga bulan sampai satu tahun”, katanya.

Menurut Prima, vaksin rabies ini akan dilaksanakan sampai Juni 2024. “Jadwal vaksinasi sampai bulan Juni 2024. Jumlah dosis yang diberikan oleh BPBD NTT 5.000 dosis, tapi kembali ke BPBD NTT, setelah selesai 5.000 dosis apakah dilanjutkan atau tidak, karena vaksin ini ada masa kadaluarsanya”, ungkap Prima.

Salah satu pemilik Anjing, Icha Tamonob, warga RT.06/RW.03 Kelurahan Naikolan, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Kupang yang telah melakukan vaksin rabies. Hal yang sama juga dikatakan Karfinus Tefa, warga RT 06/RW.06.

“Saya punya empat ekor anjing. Tadi petugas sudah vaksin semua. Saya berterima kasih kepada petugas yang sudah vaksin rabies”, kata Icha Tamonob.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Naikolan Roy Radja Lay mengatakan, pemerintah kelurahan Naikolan mendapat surat pemberitahuan dari pemerintah kota Kupang perihal vaksinasi rabies.

“Sesuai surat pemberitahuan dari pemerintah Kota Kupang, untuk Kelurahan Naikolan dijadwalkan dua hari pelaksanaan vaksin, yaitu Selasa dan Jumat. Jadi kami langsung mengimbau warga melalui RT/RW memberitahukan kepada warga agar bersedia menerima vaksin”, katanya.

Pantauan wartawan media ini, vaksin dimulai dari wilayah RT.06 sekira pukul 09.00 WITA, kemudian dilanjutkan di RT.06 dan RT.07, RT. 17 dan RT.24. Warga menyambut baik kedatangan petugas vaksin. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait