Dinas PUPR Kab. Mojokerto Tahap Awal Kerjakan Pembangunan 19 Titik Jalan dan Jembatan Rusak

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Mojokerto di tahap pertama Sebanyak 19 titik jalan dan jembatan rusak di wilayah kabupaten Mojokerto akan segera di bangun di tahap awal anggaran 2021.

Dan saat ini progres 19 proyek yang menelan biaya miliaran rupiah tersebut itu telah masuk dalam tahap lelang, yang ditargetkan rampung pada bulan ini. Dan bulan Juni sudah bisa di laksanakan pembangunan, Dalam tahap pertama ini, DPUPR memprioritaskan jembatan yang rusak parah dan jembatan putus yang ada di wilayah Dawar Blandong.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto SH, melalui Kabid Pemeliharaan Jembatan dan Jalan DPUPR Kabupaten Mojokerto Hendri Surya ST, MT, mengatakan, kini progress perbaikan jalan dan jembatan telah masuk dalam tahapan lelang yang ditargetkan rampung pada Mei 2021.

“Jadi tahap pertama ada 19 titik pembangunan jalan dan jembatan yang masih dievaluasi kemungkinan dalam minggu ini akan kita berangkatkan (lelang),” katanya, Selasa (18/5/2021).

Hendri menyebut, pengerjaan tahap pertama ini nantinya akan difokuskan pada perbaikan jalan dan jembatan yang putus. Yakni di Mojolebak Kecamatan Jetis, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, sekaligus Jalan Alternatif Mojokerto-Gresik-Lamongan.

“Perbaikan akan menggunakan Box Culvert (gorong-gorong) dengan nama proyek Jatirowo-Cinandang. Selain itu, perbaikan di wilayah Desa Gumeng, Kecamatan Gondang. Total anggaran tahap I dan tahap selanjutnya sekitar Rp 120 miliar,” ungkapnya

Di pengerjaan itu sendiri, targetnya apabila tidak ada kendala maka realisasi pembangunan infrastruktur perbaikan jalan dan jembatan akan dimulai pada pertengahan bulan Juni 2021.

Sebelumnya, total ada 31 perbaikan jalan dan jembatan namun hanya 20 kegiatan yang masuk dalam kegiatan perencanaan teknis di tahap awal

“Diperkirakan proses lelang estimasi selama 1,5 bulan sehingga realisasi pada pertengahan Juni,” ucap Henri.

Seperti yang diketahui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto telah menganggarkan sebanyak Rp 3 miliar untuk perbaikan jalan ambles dan jembatan putus di Dusun Sumberdadi, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Perbaikan jalan dan jembatan yang terputus akibat tergerus air sungai tersebut telah melalui proses perencanaan dan pengajuan anggaran melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dan sempat terkendala.

Nantinya, perbaikan tercatat dalam anggaran proyek pelebaran Jalan Jatirowo-Cinandang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2020 yang pelaksanaannya pada 2021.(Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait