Dinas Sosial Touna Resmikan Tempat Rehabilitasi Anak

  • Whatsapp

Ampana- Asissten II Perekonomian Dan Pembangunan Tojo Una-una Nawatsara Panjili, SE., M.Si mewakili Bupati Touna resmikan tempat rehabilitasi anak berkebutuhan khusus kepada anak bernama Aril Julian alias Tedo, bertempat di Desa Uebone Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo , Jum’at (11/3/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Touna Sutrisno Lasawedi dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian tempat rehabilitasi anak berkebutuhan khusus Aril Julian alias Tedo sesuai amanat Undang-Undang Dasar 45 Pasal 34 fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh negara.

“Berdasarkan hal tersebut, maka selaku Kepala Dinas Sosial saya langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk meminta Pesikologis untuk menangani langkah-langkah kongkrit untuk Aril Julian alias Tedo,”kata Kadis Sosial Sutrisno Lasawedi.

Menurutnya, berdasarkan informasi sebelumnya anak (Tedo) ini telah di kirim ke Mamboro Palu tapi tidak tuntas. Maka dari tim Psikologis menyarankan kepada saya agar di buatkanlah rumah layak huni yang baik, Asupan Gizi yang cukup serta menyewa petugas kesehatan untuk mengontrol serta memberikan obat yang sesuai yang telah di anjurkan kepada anak ini.

“Pada beberapa bulan kemarin berdasarkan Launching dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menunjuk Kabupaten Touna untuk menjadi kabupaten layak anak pada Tahun 2024, maka dari itu inilah salah satu kontribusi dari Dinas Sosial Kabupaten Touna untuk berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Touna,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Asissten II Perekonomian Dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Touna Nawatsara Panjili menyampaikan selalu perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Touna sangat mendukung dengan apa yang telah di lakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Touna dengan di buatkan rumah layak huni yang baik, Asupan Gizi yang cukup serta menyewa petugas kesehatan untuk mengontrol serta memberikan obat yang sesuai.

“Berdasarkan konteks psikiater bahwa apakah Secara Psikologis Kediaman yang telah di bangun sebagai rumah layak huni ini sudah bersyarat atau belum, kalau pun belum nanti kita akan lengkapi kembali apa saja yang akan di butuhkan serta asupan gizinya terus di berikan,”ujar Asissten II Nawatsara Panjili.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Touna, Sutrisno S.Sos., M.Si, Kepala Dadan Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Touna Drs. Abd. Agfar Patanga, MH, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Touna Hasbullah DM, S.Sos, Sekretaris Dinas Kominfo Touna, Mohammad Askari, S.Sos, Camat Ratolindo, Miknaf Hedar, S.Sos, Lurah Uemalingku, serta tamu undangan lainnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait