Disbudpar Jatim Gelar Travel Pattern Selingkar Ijen

  • Whatsapp

BONDOWOSO – Sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jatim, terdapat lima skala prioritas yang harus segera dilaksanakan.

Antara lain Selingkar Wilis yang masuk dalam Proyek Stategis Nasional (PSN) dengan wilayah tersebar di Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun dan Nganjuk serta Selingkar Ijen yang juga masuk kategori Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan wilayah tersebar di Situbondo, Banyuwangi dan Bondowoso.

Oleh karena itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Sumber Daya Pengembangan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk mendorong, mempercepat dan meningkatkan pariwisata, terutama di Kawasan Gunung Ijen melalui Kegiatan Penyusunan Pola Perjalanan Wisata (Travel Pattern) di Selingkar Ijen.

Kegiatan “Penyusunan Pola Perjalanan Wisata (Travel Pattern) di Selingkar Ijen“ diselenggarakan selama 3 (tiga) hari yaitu : Hari : Senin s/d Rabu Tanggal : 21 s/d 23 November 2022 bertempat di Kabupaten Selingkar Ijen (Situbondo, Banyuwangi dan Bondowoso)

Kegiatan Penyusunan Pola Perjalanan Wisata (Travel Pattern) di Selingkar Ijen akan dilakukan oleh 20 (dua puluh) orang pelaku pariwisata dari unsur instansi pemerintah terkait, BPW, akademisi dan stake holder pariwisata dari Kabupaten/ Kota penunjang wilayah Selingkar Ijen.

Tujuan kegiatan ini adalah : bahwa untuk mengeksplorasi potensi destinasi wisata di kabupaten yang menunjang kawasan Selingkar Ijen; Bahwa untuk menyusun Pola Perjalanan Wisata sebagai alternatif unggulan guna mendorong, mempercepat dan meningkatkan pariwisata di Selingkar Ijen.

Sasaran dari kegiatan ini adalah BPW dari Kabupaten/ Kota penunjang wilayah Selingkar Ijen.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut : Membentuk panitia/ tim kerja. Mempersiapkan perencanaan kegiatan, rapat koordinasi yang diperlukan baik antar anggota panitia dengan tim kerja ataupun dengan instansi terkait sehingga terjalin koordinasi yang efektif dan efisien.

Mengadakan kegiatan surat-menyurat dan penyiapan keperluan pelaksanaan kegiatan. Menyelenggarakan Kegiatan Penyusunan Pola Perjalanan Wisata (Travel Pattern) di Selingkar Ijen pada waktu yang telah ditetapkan. Mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan.

Kerangka tahapan kegiatan untuk pelaksanaan seluruh lingkup tugas tersebut, antara lain sebagai berikut : Tahap Perencanaan. Tahap ini dimaksudkan untuk mengelola seluruh kegiatan, menentukan tempat pelaksanaan kegiatan, koordinasi dengan instansi terkait, tim penyusun dan anggota, mengadakan proses administrasi, persiapan dan pematangan program serta jadual kegiatan.

Tahap Evaluasi. Kegiatan evaluasi penyelenggaraan kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan. Dan terakhir tahap Penyusunan Pelaporan (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait