Disdukcapil Asmat Target 10.000 eKTP 2019

  • Whatsapp
Kepala Disdukcapil Asmat, Marcelianus Belekubun.

ASMAT – beritalima.com I Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asmat menargertkan 10 Ribu KTP-Elektronik (eKTP) segera tercetak di Tahun 2019 ini juga. Sejak bulan Januari – Juli 2019, eKTP yang terekam sudah mencapai 75 persen. Disdukcapil Asmat terus melakukan penjajakan, sehingga pencapain 10 ribu eKTP dapat berjalan maksimal Tahun 2019.

“Capain 75 persen eKTP yang terekam itu, sebagiannya suda dicetak sesuai prosedur Disdukcapil,” ungkap Kepala Disdukcapil Asmat , Marcelianus Belekubun.
Belekubun menjelaskan, 17 Agustus 2019 nanti, Disdukcapil Asmat merencanakan akan membagi eKTP secara massal kepada warga setempat yang berada di Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat.
“Rencananya Pemda Asmat akan membagi eKTP ini secara massal pada 17 Agustus 2019 karena itu sudah menjadi rutinitas tahunan oleh Disdukcapil Asmat,” ujar Belekubun.

Ditambahkannya, Disdukcapil Asmat juga telah bekerjasama dengan 23 distrik dan 224 kampung di Asmat. Hal ini dimaksudkan, agar pencetakan nantinya akan diserahkan langsung kepada Kepala Distrik dan Kepala Kampung sesuai nama-nama yang terekam.

Untuk mencapai 10 ribu eKTP yang tercetak pada 2019, Belekubun mengaku, Disdukcapil Asmat terus melakukan inovasi seperti turun langsung ke kampung dan distrik guna melakukan perekaman secara massal .
“Untuk Tahun Anggaran 2019, Disdukcapil sudah dua kali ke distrik dan kampung gelar perekaman massal dengan jadwal mengelilingi 11 Distrik dan 5 Kampung. Jadwal seperti ini juga seperti di tahun-tahun kemarin,” ungkap Belekubun.

Selain dilakukan perekaman, Disdukcapil juga siap melaksanakan sosialiasi kepada warga yang akan membutuhkan dokumen kependudukan. Baik itu eKTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan dokumen lainya.
Orang Nomor Satu di Disdukcapil Asmat ini menjelaskan, antuisme warga juga sangat besar saat dilakukan perekaman massal. Hal ini dinilainya bisa terjadi juga, berkat adanya dukungan segenap pimpinan organisasi perangkatd aerah (OPD) di Asmat.

Selain dukungan elemen Pemerintah, kesadaran warga akan memiliki dokumen kependudukan di Asmat semakin baik. Karenanya memang, saat ini untuk segala program-program pemerintah kepada warga, diharuskan memiliki segala dokumen kependudukan yang dikeluarkan Disdukcapil Asmat.
“Alasan dan dorongan yang kuat dari pemerintah menyadarkan warga akan pentingnya dokumen kependudukan itu,” kata Belekubun. (fagi/sam)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *