Disnaker Kota Madiun Gelar Pameran dan Pelatihan IKM

oleh -63 views

MADIUN, beritalima.com- Pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kota Madiun, Jawa Timur, cukup banyak. Setidaknya, tercatat 289 IKM yang resmi terdaftar di Dinas Tenaga Kerja setempat. Jumlahnya dipastikan terus bertambah. Pasalnya, masih terdapat tiga ribu lebih IKM yang tengah dalam proses pendaftaran. Pertumbuhan IKM ini tidak terlepas dari peran pemerintah dalam melakukan pendampingan.

‘’Kami terus melakukan pelatihan dan pendampingan. Selain itu, juga menggelar pameran produk. Bukan hanya di Kota Madiun. Tetapi juga hingga luar kota,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun, Suyoto Harjo Wiyono, saat pembukaan pameran produk IKM 2017 di atrium Sun City Mall, Jumat 10 November 2017.

Berbagai pelatihan sudah dan akan dilakukan. Terbaru, pelatihan di Tulungagung dan Jogjakarta. Pelatihan untuk pelaku IKM batik tersebut sengaja dibagi dua. Pembatik mendapat pelatihan soal usaha batik di Tulungagung. Sedang di Jogjakarta, mereka mendapat pelatihan terkait motif dan desain. Ke depan, pelatihan soal ukiran di Jepara, rias pengantin hingga potong rambut. Pihaknya berencana membagi pelatihan dalam 12 kelas dengan masing-masing kelas 20 peserta.


‘’Pelatihan ini juga sebagai langkah penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka,’’ ujarnya sembari menyebut IKM dan pelatihan sudah menyerap sekitar sepuluh ribu tenaga kerja.

Berbagai kegiatan itu, lanjutnya, didanai dari Dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Pihaknya, mendapat Rp 2,1 miliar dari DBHCHT tahun ini. Peruntukannya beragam. Selain pelatihan dan pameran di berbagai kota, DBHCHT juga digunakan untuk pengadaan mobil trainning unit. Keberadaan mobil ini diharap semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Suyoto mengaku banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan. Namun, keterbatasan untuk datang. Pihaknya, ogah menutup mata. Pelatihan dilakukan ke lapangan langsung dengan mendatangi.

‘’Masyarakat yang ingin mendapat pelatihan silahkan mengajukan permohonan. Pasti akan kami tindaklanjuti,’’ ungkapnya sembari menyebut DBHCHT memberikan banyak manfaaat bagi masyarakat. (madiuntoday)