Atraksi Terjun Payung Warnai Hari Pahlawan di Sorsel

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) diwarnai dengan aksi terjun payung oleh 40 orang Anggota Paskhas TNI-AU dari Pangkalan Udara (Lanud) Manuhua Biak. Kegiatan yang digelar di Lapangan Trinati Teminabuan, Jumat (10/11/2017) pagi tadi mengundang ribuan mata untuk turut menyaksikan.

Aksi terjun payung dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945 dan mengenang sejarah para tokoh pejuang bangsa yang berhasil mengembalikan Irian Jaya ke pangkuan ibu pertiwi NKRI pada tahun 1962.
Tercatat tepatnya tanggal 19 Mei 1962, sebanyak 81 orang Pasukan Gerak Tjepat (PGT) TNI-AU pertama kali mengibarkan Bendera Merah Putih di Tanah Papua bertempat di Kampung Wersar Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorsel.

Bertindak selaku Inspektur Upacara. Bupati Samsudin Anggiluli dalam amanahnya membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa untuk Peringatan Hari Pahlawan 2017 dengan mengusung thema, ‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri’.

Bupati Samsudin diakhir sambutannya menyampaikan selamat datang dan menyampaikan terima kasih kepada dua tokoh pejuang veteran yakni Peltu (Pun) Rebo Hartono dan Lettu (Purn) Kusmari yang mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan di Sorsel. Kedua veteran ini merupakan pelaku sejarah penerjunan PGT dalam Operasi Trikora di Teminabuan tahun 1962.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan aksi penerjunan payung oleh Pasukan TNI-AU. Dari 40 pasukan penerjun yang ada, sebanyak 37 penerjun mendarat di Lapangan Trinati Teminabuan. Sementara 3 penerjun lainnya mendarat di lokasi Tugu Merah Putih Trikora Wersar – Teminabuan, lokasi pendaratan penerjunan payung PGT TNI-AU dalam upaya pembebasan Irian Jaya bergabung ke NKRI tahun 1962.

Aksi terjun payung berjalan dengan lancar dan sukses,menarik perhatian ribuan masyarakat kota Teminabuan yang memadati lapangan Trinati Teminabuan,Selain itu juga ditampilkan atraksi Paramotor oleh Anggota TNI-AU dan Aero Modeling.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Manuhua Biak, Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, M.Si (Han) aat ditemui usai upacara menjelaskan, Wersar merupakan tempat sejarah para pendahulu TNI-AU khususnya Paskhas yang mengibarkan Merah Putih pertama kali di bumi Papua Barat atau Irian Jaya saat itu. Sehubungan dengan momen sejarah inilah maka TNI-AU hadir di Sorsel untuk memeriahkan Peringatan Hari Pahlawan dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

“ Kami dari TNI-AU berkepentingan dalam memperingati hari pahlawan. Kegiatan lain yang kami laksanakan adalah membersihkan Taman Makam Pahlawan dan Tugu Merah Putih Trikora di Wersar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya memberikan motivasi kepada generasi bangsa sekarang, agar bisa mempersiapkan diri secara baik dan bisa bergabung menjadi TNI-AU. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah harus menjaga kesehatan.

Hadir mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan ini Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, Ketua DPR Provinsi Papua Barat Pieters Kondjol, SE.MA , Kapolres Sorong Selatan AKBP. Romylus Tamtelahitu,S.Sos,SIK,M.Krim, Kasiops Korem 171/PVT Kolonel Inf Anwar ,Kasiops Lantamal XIV Sorong Letkol laut Frangky ,Wakil Bupati Sorsel Drs Marthinus Salamuk, Wakil Bupati Maybrat Drs. Paskalis Kocu, M.Si, Ketua DPRD Sorsel Jefries N. Kewetare, SP Sekda Sorsel Dance Yulian Flassy,SE.M.Si, Komandan Batalyon Komando 486 Paskhas Letkol Joko Tri Cahyono, Kasdim 1704 Sorong Mayor Abdul Mufid, Pabung Kodim 1704 Teminabuan Mayor Inf. Willson N Path ,S.Sos, Ketua TP PKK Sorsel Ny Beatriks Anggiluli, Ketua Bhayangkari cabang Sorsel Ny.dr Astika Widuri Tamtelahitu,TNI-Polri, para tokoh, PNS, pelajar dan masyarakat kabupaten Sorsel.

Usai upacara Bupati Samsudin Anggiluli, SE bersama seluruh pejabat dan undangan melakukan ziarah ke Tugu Merah Putih Trikora di Wersar. (Engel Berto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *