DJF Ajang Promosi Durian Lokal Wonosobo

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Berbagai jenis durian lokal asli Wilayu dilombakan pada event Durian Java Festival (DJF) 2020. Acara tersebut digelar di lapangan desa Wilayu kecamatan Selomerto.

Kepala bidang Promosi dan pemasaran Disparbud Endang Lisdyaningsih mengatakan bahwa Durian Java Festival yang diselenggarakan oleh desa Wilayu bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo merupakan rangkaian event budaya dalam tradisi budidaya buah durian. Yang dimulai dari acara wiwitan durian/awal durian berbunga, merawat durian, dan acara DJF salah satu wujud rasa syukur atas panen durian. Kegiatan DJF juga melibatkan Dinas teŕkait yaitu Dispaperkan.

Bacaan Lainnya

“Adanya kegiatan ini, semua penikmat/ pecinta durian tidak hanya mengenal kulitas unggul durian serta olahan durian di Wonosobo khususnya di Wilayu tetapi sekaligus dikenalkan acra budaya di masyarakat terkait budidaya durian.” Ujarnya Sabtu (07/03)

Sehingga acara DJF di Wilayu mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung serta lama tinggal di Wilayu, sehingga ekonomi masyarakat meningkat.

“Khusus lomba buah durian yang digelar sebagai langkah meningkatkan nilai jual serta mencari bibit unggul yang berkualitas baik citra rasa maupun bentuk fisik buahnya.” Terang Endang.

Terpisah Kades Wilayu menjelaskan, acara tahunan yang digelar bertujuan untuk mengidentifikasi durian-durian unggulan di desa Wilayu karena sejauh ini durian yang ada belum memiliki ciri khas tersendiri, tapi sudah banyak yang mengenal. bahkan durian dari petani di desa ini sering dikirim secara online ke Jakarta, Bandung dan kota lainya.

“Desa Wilayu memiliki berbagai macam jenis buah durian, salah satu durian yang mempunyai ciri has dari bau dan rasa legitnya. Ada durian kecil namanya menir berbentuk kecil rasanya luar biasa.” Durian asli desa Wilayu kemarin resmi diberi nama Nilon Kencana oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo.” Beber Kades

Dengan adanya event lomba durian untuk identifikasi, kami berharap durian asli Wilayu yang sudah mempunyai nama ini bisa lebih dikenal hingga makin banyak pemesan durian untuk dikirim, sehingga peningkatan perekonimian masyarakat Wilayu akan bertambah menjadi lebih baik.

“Semoga acara yang dilakukan 3 hari yang berakhir besok Minggu 8 Maret 2020 berjalan dengan lancar. Dengan suksesnya acara ini tidak lepas kerjasama antara Pemdes Wilayu dengan Disparbud Wonosobo, petani dan pecinta durian lokal Wonosobo.” Pungkas Ariyadi (Rjt-05 Budi).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait