DLH kota Mataram Merencanakan Aksi Bank Sampah Maggot

  • Whatsapp

Mataram NTB beritalima.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram pimpin rapat Rencana Aksi Pembangunan Bank Sampah Maggot (BSM) Kota Mataram, Selasa (27/04/2021), bertempat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut disepakati beberapa hal terkait proyeksi pembangunan BSM seperti pembangunan titik BSM untuk Kelurahan Mataram Timur ditetapkan LSM Pok Coy, pembangunan budidaya Maggot ini akan berfokus untuk dua wilayah yakni Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Mataram. Untuk Kecamatan lain seperti Kecamatan Sandubaya dan Kecamatan Cakranegara akan dilakukan pembinaan lebih lanjut oleh LSM Pok Coy yang bekerjasama dengan DLH Kota Mataram.

Telah dilakukan identifikasi RAB pembangunan BSM dengan estimasi biaya mencapai Rp. 48 Juta/unit BSM. Identifikasi dan replikasi BSM dilakukan untuk pengembangan BSM di titik lain.

beritalima.com

Sementara itu, kendala utama pengembangan maggot berupa kesulitan mendapatkan sampah organik dari rumah tangga, restaurant, warung makan, dan pasar, yang disebabkan edukasi pengelolaan sampah organik dan non organik masih minim. Hal ini menyebabkan sampah organik dan non organik menjadi tercampur dan sulit digunakan.

Sehingga kedepan akan dilakukan sosialisasi masif tentang pemilahan sampah mulai dari pembuatan pamflet dan dan sarana komunikasi lainnya yang dapat dipahami oleh masyarakat.

beritalima.com

Selain itu, pihak DLH mengaharapkan dukungan kepada dinas-dinas dan TP PKK Kota Mataram untuk melakukan sosialisasi secara berjenjang dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kelurahan.(Adbravo)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait