DMI Kabupaten Mojokerto Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Mojokerto mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan ibadah di Masjid. Hal ini disampaikan oleh Ketua PD DMI Kabupaten Mojokerto, Nur Rokhmad M.M. Ditemui pasca giat Pelantikan PD DMI Kabupaten Mojokerto di Masjid Insitut Kyai Abdul Chalim. Sabtu (10/04/2021).

Nur Rokhmad Mengatakan bahwa, selama ramadhan kali ini, mengajak kepada masyarkat mojokerto untuk mematuhi sesuai dengan anjuran dari Kementerian Agama republik indonesia.

“Kemudian untuk ramadhan tahun ini, masih tetap menggunakan protokol kesehatan, kemampuan daya tampung masjid kita 50% kita maksimalkan sesuai anjuran Menteri Agama,” ujarnya

Mengenai berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan di dalam masjid, Nur Rakhmat menjelaskan mengenai jam-jam khusus bagi seluruh elemen masyarakat.

“Terkait dengan kegiatan khotmil Qur’an, kami menyediakan waktu untuk ibu-ibu bada subuh, untuk anak-anak bada Anshar menjelang takjil bersama,” jelasnya.

“Kemudian bapak-bapak untuk remaja masjid setelah melaksanakan sholat tarawih,” sambungnya.

Mengenai upaya pemakmuran masjid, di beberapa masjid nantinya akan menyediakan dan juga menerima takjil (makanan pembuka ramadhan).

“Kemudian kami sediakan juga, kami anjurkan kepada teman-teman semua bahwa menjelang berbuka puasa kami ajak para jamaah untuk bersepakat dalam rangka mengirim takjil untuk memakmurkan masjid,” ujarnya.

Mengenai penggunaan pelantang masjid, juga maksimal pukul 22.00 WIB untuk pelantang yang di atas.

“Untuk Masyarakat Mojokerto ketika menggunakan pengeras suara itu dilakukan pada saat waktu sholat, kemudian pada saat tadarus Maksimal menggunakan pengeras suara itu pukul 22.00,” terangnya.

“Adapun tadarus untuk malam suntuk silahkan bagi itu menggunakan pengeras suara di dalam masjid saja,” sambungnya.

Dalam giat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Mojokerto, H.Muhammad Al-Barra, Lc, M.hum. serta jajaran Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Ketua Pengurus Wilayah DMI Jawa Timur, KH. M. Roziqiy, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Kyai Asep Syaifuddin Chalim.(Kar)

Pos terkait