Dokter, Bagaimana Menurunkan Kolesterol Tinggi ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Di suatu pesta jamuan makan tersedia masakan kepiting dan udang yang lezat. Kebetulan semeja dengan keluarga pak Iwan lalu dia mengeluarkan tablet Lipitor20mg langsung minum dengan air putih sambil berkata bahwa setiap kali ada makan enak selalu minum langsung tablet Lipitor20mg. Tak lama disamping mej kami Bu vonny juga menelan sebutir obat kolesterol bernama Crestor 10mg lalu bangga berkata :” Kalau tiap kali pesta selalu saya minum obat kolesterol agar tidak takut tinggi untuk menjaga jaga”, kedua tindakan mereka sama sekali tidak benar untuk menurunkan kadar
kolestsrol darah tinggi?Ini adalah perbuatan & pikiran konyol bila makan enak baru telan kolesterol, sebenarnya obat
Kolesterol diminum setiap malam rutin 1 tablet sebelum tidur.
Menyinggung soal kolesterol merupakan momok bagi kita setiap orang , orang lebih takut Kolesterol tinggi ketimbang
Penyakit kanker entah kenapa bila mendengar Koleterol tinggi rasanya hopeless sudah .sebenarnya apa itu kolesterol dan bahaya sampai mana perlu kita pahami bukan ikut latah dan sembarangan minum obat yang tidak teratur.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.
Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang mengacu pada meningkatnya kadar zat lilin dalam lemak tubuh. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel yang sehat, akan tetapi kolesterol juga dapat menyebabkan beberapa efek negatif jika ada dalam jumlah yang lebih besar dari apa yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi normal. Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan penyimpanan lemak terbentuk dalam pembuluh darah dan berpotensi sebagai penyumbat atau penghalang, yang membuat darah lebih sulit mengalir melalui arteri. Selain itu, karena kolesterol menumpuk di dalamnya, arteri cenderung mengeras, menyebabkan suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penyakit ini menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung karena membatasi aliran darah, yang mana jika tidak diobati, dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Stroke terjadi ketika otak tidak mendapatkan pasokan yang cukup dari darah dan oksigen, sementara serangan jantung terjadi ketika jantung tidak menerima pasokan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik
Kadar kolesterol yang berlebihan perlu ditangani. Apabila dibiarkan, kolesterol tinggi yang berbahaya ini akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak, sehingga membuat arteri menyempit. Kondisi ini disebut dengan aterosklerosis.Aterosklerosis lama kelamaan dapat membuat aliran darah tersumbat, akibatnya menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya berikut ini:
RESIKO KOLESTEROL TINGGI :
1. SERANGAN JANTUNG
2. STROKE
3. HIPERTENSI
4. ARTERI PARIFER
5. BANTU EMPEDU
NILAI KOLESTEROL,NORMAL ADALAH :
LDL: kurang dari 100 mg/dL.
HDL: 60 mg/dL atau lebih.
Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.
Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL.

UNSUR DALAM KOLESTEROL :
1. Low-density lipoprotein (LDL)
Low-density lipoprotein atau LDL dikenal sebagai jenis kolesterol jahat yang menyebabkan pengerasan pembuluh darah yang mengarah ke masalah dalam aliran darah. Jenis kolesterol ini menempatkan seseorang pada risiko terbesar terkena masalah jantung atau stroke.
2. Very Low-density lipoprotein (VLDL)
VLDL mengandung sejumlah besar lemak yang disebut trigliserida, yang dapat terikat pada protein dan menyebabkan peningkatan ukuran kolesterol LDL. Meskipun VLDL bukanlah penyebab dari masalah kolesterol tinggi, VLDL memiliki efek yang memberatkan pada seseorang yang memiliki masalah kolesterol. Dengan demikian, pasien yang memiliki tingkat VLDL yang tinggi, selain kolesterol LDL, akan memerlukan obat tambahan.
3. High-density lipoprotein (HDL)
HDL adalah jenis kolesterol yang baik bagi tubuh. HDL mengumpulkan kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati.
4. ,Trigliserida
Meski trigliserida bukan salah satu jenis kolesterol, ta pi Anda tidak bisa mengabaikan zat ini begitu saja. Pasalnya, trigliserida juga merupakan salah satu zat lemak yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh. Agar tidak tertukar mengenai konsep kedua zat lemak di dalam darah ini, Anda perlu mengetahui perbedaan antara kolesterol dan trigliserida.
Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain:
1. Kurang berolahraga,
2. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi,
3. Merokok,
4. Memiliki berat badan berlebih (obesitas),
5. Menderita diabetes.

PENGOBATAN KOLESTEROL:
1. Olahraga
2. Diet sehat
3. Obat-obatan
Meminum obat kolesterol berupa obat statin seperti lipitor, crestor, Atorvastatin ,golongan fibrat, enzimtimixide dan sejenisnya harus minum dimalam hari sebelum tidur & bukan disiang hari atau pagi kemudian jangan minum bersama
dengan jeruk bali dan minum harus rutin sehari hari .Demikian sekilas info semoga bawa bermanfaat.
RobertoNes 1049 《28.9.21(20.33)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait