Dokter, Kenapa Badanku Genduk Padahal Makan Sedikit.?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS*
Gemuk maupunn kurus adalah sebuah anugrah Tuhan, ada yang doyan makan tapi badan tetap langsing , ada yang pola makan sedikit badan genduk terus maka tak jarang selalu dalam praktek sehari hari selalu kita dengar pertanyaan bahwa :”Dokter, kena
pa badanku genduk padahal pola mzka dikit?” Tapi Bu Ellen kuat makan ,badannya kok langsing? Makan selalu sedikit, dan hal itu dialami oleh sebagian orang. Mereka biasa makan banyak tapi tubuhnya tetap ideal, dengan demikian penyebab tubuh jadi gemuk tak selalu dipicu oleh faktor makan berlebihan.ada sebagian orang yang justru berupaya mengurangi porsi makan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Tapi tetap saja tubuhnya gemuk, meskipun makannya selalu sedikit.
Bagi kaum wanita badan kegemukan membuat dia tak percaya diri di muka umum, sebab obesiats membawz banyak penyakit antaralain hipertensi.Diabetes Mellitus,penyakit kolesterol dan liver dan lainnnya maka diusahakan badan jangan obesitas.
Saya mau menanyakan perihal berat badan saya yang terus menerus naik, padahal makan saya sedikit, jarang ngemil dan paling tidak suka olahraga walau hanya seminggu sekali. Kira-kira dari faktor gizi, apa penyebabnya?

Mengurangi berat badan memang terasa sulit bagi banyak orang ya padahal sudah diet, olahraga. Teorinya untuk mengurangi berat badan, jumlah kalori (energi) yang masuk harus lebih sedikit dibanding yang keluar. Penurunan berat akan lebih cepat dan stabil jika disertai olahraga rutin selama minimum 30 menit, 4-5x/minggu.Makan sedikit belum tentu berarti kalori yang Anda konsumsi lebih sedikit dibanding orang yang makan lebih banyak. Jumlah kalori dipengaruhi oleh jenis makanan dan porsi makanan. Kamu katakan porsi makan Anda sedikit, maka kita harus kaji jenis makanan yang Anda konsumsi. Apakah itu nasi? Lauk,Sayur dan buah? Bagaimana cara memasaknya, direbus, ditumis atau digoreng? Adalah ide yang baik untuk mengurangi konsumsi minyak dan lemak. Jika mau menggunakan minyak untuk menumis atau menggoreng, pilihlah yang mempunyai kandungan ‘minyak baik’ seperti minyak biji bunga matahari (sunflower oil), canola oil atau olive oil (minyak zaitun). Mohon diingat virgin dan extra virgin olive oil tidak bagus untuk menggoreng (pakailah untuk salad). Yang sebaiknya kamu kurangi juga adalah garam karena garam menyerap air. Jika kamu mengonsumsi banyak makanan jadi atau instan, biasanya mengandung banyak minyak dan garam. Di dalam tubuh, garam akan menyerap air sehingga air tidak bisa digunakan untuk keperluan lain, menyebabkan naiknya tekanan darah (darah tinggi) dan menambah berat badan.
Ada beberapa alasan membuat orang cepat gemuk antara lain:
1. AKTIFITAS FISIK ::makan tidur tak bergerak badan.Banyaknya aktivitas fisik yang kamu lakukan menjadi alasan mengapa kamu terus mengalami kenaikan berat badan meskipun porsi makan kamu sedikit.saat kamu terlalu banyak duduk, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengetahui kapan mendapatkan asupan yang cukup bagi tubuh. Kondisi ini dapat membuat kamu terlalu sering meskipun dalam porsi yang sedikit. Hal ini juga meningkatkan risiko kenaikan berat badan.
2. OBAT-OBATAN YANG DIKOMSUMSI :Pengaruh obat-obatan jenis tertentu juga bisa menjadi penyebab tubuh jadi gemuk. Jika kamu sedang dalam amsa pengobatan, Kalaupun tidak memungkinkan untuk mengubah atau menguranginya, kamu harus lebih memperketatnya dengan melakukan diet berolahraga guna membantu menetralisir efeknya terhadap berat badan kamu.Obat steroid, seperti korteks, prednison, hidrokortison, dan kenangog baik dalam bentuk injeksi, oral, topikal, atau inhalasi.yang bisa buat badan genduk Selain itu, obat untuk diabetes seperti halnya insulin serta sejumlah obat yang digunakan untuk mengobati migrain, depresi, penyakit darah tinggi, dan kejang.
3. LUPA SARAPAN PAGI :Menurut penelitian, bagi mereka yang sering melewatkan waktu sarapan pagi bakal mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi. Kamu lebih sering melewatkan sarapan pagi, maka hal itu akan menyebabkan kamu makan lebih banyak dari yang kamu rencanakan sebelumnya.
4. KURANG TEPAT MEMILIH MAKANAN :Menyebab tubuh jadi gemuk juga bisa dari cara kita memilih makanan yang kurang tepat, meskipun kita memakannya hanya sedikit. Misalnya, makan sepotong kue yang sebetulnya kue tersebut banyak mengandung gula dan kalori.
5. KURANG TIDUR :Karena, kurang tidur dapat memicu turunnya fungsi hormon ghrelin dan leptin, yakni hormon yang mengendalikan nafsu makan dalam tubuh sehingga akan lebih gampang lapar. Selain itu, metabolisme tubuh juga menurun sehingga berat badan lebih mudah naiknya.
6. JAGA METABOLISME TUBUH :Butuh sekitar 1 jam olahraga sehari untuk menjaga metabolisme tubuh.jangan hanya ngemil melulu tanpa ada aktifitas,
7. PIKIRAN STRESS bisa menjadi penyebab tubuh jadi gemuk. Karena, ketika kamu sedang stres maka hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon tersebut dapat memicu terjadinya penumpukkan lemak di bagian perut secara cepat, walaupun sebetulnya kamu cuma makan sedikit.
8. HYPOTHYROIDISME ( KEKURANGAN HORMON GONDOK) yaitu kondisi kelenjar tiroid yang kurang aktif. Akibatnya kelenjar tiroid tak mampu memproduksi hormon yang cukup.
Memiliki berat badan ideal menjadi banyak keinginan orang. Bukan hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, berat badan yang ideal membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang mungkin dialami. Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh seseorang yang mengalami masalah berat badan, seperti adanya gangguan kesehatan pada jantung, kesehatan metabolik, hingga masalah diabetes atau kolesterol.
Untuk membentuk badan ideal, diet sehat dan olahraga harus dilakukan seimbang.Asupan makan sangat penting diperhatikan. Karena meskipun setiap hari berolahraga tapi tidak memperhatikan asupan kalori, hasilnya tubuh tidak akan terbentuk secara maksimal.
Demikian pencerahan kami ini semoga bisa membantu anda menghadapi problem sedikit makan badan kok genduk terus? Apapun badan gemuk yang penting harus sehat dan bukan berarti badan langsing kesehatan prima.semoga tercipta :”Anda Sehat Kami Bangga!”
RobertoNews 1045: 《25.9.21(11.50)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait