Dorong Daya Beli, Demokrat Nibta Percepat Program Padat Karya

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Politisi muda Partai Demokrat di Komisi V DPR RI, H Irwan S.IP mendorong pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengeksekusi program pengelolaannya swakelola masyarakat atau program padat karya Tunai (cash for work) 2020.

Dorongan tersebut disampaikan wakil rakyat dari Dapil Provinsi Kalimantan Timur ini terkait dengan semakin terpuruknya perekonomian Indonesia dan melemahnya daya beli masyarakat serta di tengah-tengah pandemi vius Corona (Covid-19).

Percepatan pogram padat karya bertujuan mendorong daya beli masyarakat yang terus melemah di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19. “Karena itu perlu percepatan guna mengurangi dampak ekonomi akibat Covid-19,” kata Iwan dalam keterangan pers yang diterima awak media, Kamis (26/3).

Iwan mencontohkan, Kementerian PUPR tahun ini telah menganggarkan Rp 8,64 triliun untuk program padat karya. Anggaran itu, digunakan untuk program pembangunan jembatan gantung, Percepatan peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Selain itu anggaan itu juga untuk, Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), penataan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).
“Kalau itu disegerakan, daya beli bakal terpelihara khususnya buat masyakarat kecil khususnya.”

Lebih jauh laki-laki kelahiran Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, 30 April 1979 yang akrab disapa Irwan Fecho ini mengatakan, program infrastruktur kerakyatan atau padat karya tunai sangat penting buat masyarakat berpenghasilan rendah.

Soalnya, pembangunan infrastruktur padat karya, selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, juga bertujuan mengurangi ketimpangan, kesenjangan pembangunan antar wilayah, ketimpangan taraf hidup masyarakat dari segi penghasilan apalagi dalam kondisi ekonomi bangsa di tengah wabah Corona seperti ini,” demikian Irwan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait