DPD RI Desak Pemerintah Stop Masuknya TKA China ke Indonesia

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi menyoroti Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia di masa kebijakan larangan mudik lebaran 2021 berlaku Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Fachrul meminta penjelasan Pemerintah dibuka ke publik terkait masuknya TKA China. “Kita mendesak Pemerintah menyetop masukmya TKA China ke Indonesia,” tegas senator dari Dapil Provinsi Aceh tersebut.

Menurut Info yang beredar, kedatangan TKA China sebagai banyaknya proyek investasi yang membutuhkan tenaga kerja dari negeri tirai bambu itu. Seharusnya pemerintah peka dan menunjukkan keberpihakan terhadap buruh lokal yang sudah menderita karena pandemi Covid-19 dan upah tahun lalu juga tidak naik signifikan.

Masuknya ratusan warga China ke Indonesia di tengah larangan mudik Lebaran menjadi sorotan publik. Fachrul menyayangkan bila mereka dipekerjakan di proyek strategis nasional tanpa melihat potensi pekerja lokal. “Kualitias pekerja lokal tidak kalah dengan China. Indonesia sedang menghadapi wabah Covid-19 yang belum selesai. Bila kelak, sudah selesai bisa dipikirkan lagi soal TKA China itu,” jelas dia.

Sangat disayangkan, protes dan penolakan masyarakat tak didengar Pemerintah. Semakin ditolak, malah semakin banyak yang datang. Bahkan, sekali penerbangan bisa membawa ratusan rombongan. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait