DPR RI Desak Pemerintah Segera Investigasi Tragedi Pemilu 2019

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima audiensi Ikatan Keluarga Besar UI (IKB UI). Dalam pertemuan tersebut IKB UI mengadukan berbagai macam tragedi yang terjadi pada Pemilu 2019, diantaranya kasus meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan indikasi kecurangan.

Terkait aduan tersebut, Fadli mendesak agar pemerintah segera melakukan investigasi atas tragedi Pemilu 2019. “Kita mendesak pemerintah segera melakukan investigasi terhadap hal ini. Di DPR juga supaya membentuk tim pencari fakta, sebagai partisipasi kita,” ungkap Fadli, Selasa (14/5).

Menurut IKB UI, musibah kematian lebih dari 500 petugas KPPS dan lebih 3800 petugas KPPS sakit di seluruh Indonesia adalah ironi dalam kegiatan pesta demokrasi Pemilu 2019, dan patut menjadi perhatian serius pemerintah.

Bahkan menurut dia, musibah itu bisa melanggar UU No: 9/2019 tentang HAM, dan Hukum Pidana yang diatur dalam KUHP. “Saya punya pandangan yang sama tentang berbagai kejadian akhir-akhir ini, baik menyangkut kecurangan Pemilu maupun meninggalnya petugas KPPS dan juga ada yang sakit di atas 3 ribuan,” papar Fadli.

Terkait usulan pembentukan Pansus Pemilu 2019, Fadli menjelaskan, DPR RI memiliki mekanisme yang panjang. Usulan pembentukan Pansus harus mendapat persetujuan di Rapat Paripurna.

“Usulan itu diajukan ke Pimpinan, Pimpinan mengagendakan ke Bamus, Bamus mengagendakan dalam Rapat Paripurna. Jadi proses dan porosedurnya cukup panjang,” demikian Fadli Zon. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *