DPRD Sumenep Gelar Sidang Paripurna Laporan Hasil Reses III TH 2021

  • Whatsapp
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep Penyampaian Laporan Dokumen Hasil Reses III

SUMENEP, beritalima.com|DPRD Sumenep menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses III Masa Sidang Ketiga Tahun Sidang 2021.Laporan Hasil Reses III disamapikan oleh masing-masing perwakilan Fraksi yang ada di DPRD Sumenep,Senin 31/05/2021 lalu bertempat diruang sidang DPRD Sumenep.

Ketua DPRD Sumenep, H.Abdul Hamid Ali Munir, SH, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan selamat atas diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep tahun anggaran 2020. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa dari Pemkab Sumenep yang telah 4 kali berturut-turut memperoleh WTP.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap agar tren positif ini dapat dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang”Ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan reses bagi DPRD secara kelembagaan berkorelasi penting terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dalam bidang pembentukan Perda, pelaksanaan fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Disamping itu, pelaksanaan reses bagi anggota DPRD secara personal pada dasarnya merupakan upaya untuk mengimplementasikan tanggungjawab moral dan kewajiban konstitusional tiap anggota DPRD terhadap konstituen di daerah pemilihannya masing-masing.

Dikatakan, sejalan dengan hal tersebut, pasal 161 Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah telah mempertegas kewajiban yang melekat pada setiap anggota DPRD untuk melaksanakan kunjungan kerja secara berkala dalam rangka menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat.

“Kewajiban anggota DPRD untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut masih memerlukan dukungan regulasi yang mengatur implikasi anggaran yang timbul sebagai konsekuensi dari kegiatan reses, khususnya terhadap aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan pembangunan sarana prasarana, pemberdayaan sumber daya manusia serta perlindungan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang selaras dengan kebijakan dan prioritas pembangunan secara nasional.

“Sesuai ketentuan bahwa dalam penyusunan rancangan awal RKPD, DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat.”Tandasnya.

Sementara itu dalam rapat paripurna tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumenep, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), para pimpinan DPRD, Pimpinan Fraksi, Pimpinan alat kelengkapan DPRD, beserta segenap anggota DPRD Sumenep, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, para asisten Sekda, Kepala OPD, Camat, pimpinan ormas dan organisasi kepemudaan dan Pers.

Sedangkan, acara pokok penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses III, disampaiakn oleh fraksi-fraksi melalui juru bicaranya masing-masing. Untuk kesempatan pertama, dari Fraksi PDI perjuangan dengan juru bicara, H.Zainal, SH,kedua Fraksi Partai Amanat Nasional dengan juru bicara, Suharinomo,SH, ketiga Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dengan juru bicara Achmad Naufil, S.Sy, keempat Fraksi Partai Demokrat dengan juru bicara Hj. Nur Aini, kelima Fraksi Partai Gerindra dengan juru bicara, Kholiq, S. Pd.I, keenam Fraksi Partai Nasdem Hanura Sejahtera dengan juru bicara, H. Muta’em dan ketujuh Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dengan juru bicara saudara H. Latib.

(**)

Pos terkait