DPRD Touna Gelar Paripurna Pembahasan Raperda APBD 2024

  • Whatsapp

AMPANA – –D ewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Touna gelar rapat paripurna dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang APBD Tahun Anggaran 2024. Bertempat di ruang sidang utama DPRD, Selasa (14/11/2023).

Rapat paripurna kali ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Gusnar Sulaeman didampingi Wakil Ketua II DPRD Salim Makaruru, Turut dihadiri Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH.,Dr. Sovianur Kure.,SE.,M.SI Unsur Pejabat Forkopimda Kabupaten Tojo Una-Una, Pejabat Eselon II, III, dan IV lingkup Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una serta sejumlah pimpinan perbankan.

Dalam pidato pengantar nota keuangan terhadap rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Sovianur Kure mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap Pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, atas persetujuannya terhadap rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara Tahun Anggaran 2024.

“Tentu saja harapan besar kami titipkan agar keseluruhan rangkaian proses legislasi, khususnya penyusunan Rancangan peraturan daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2024 ini, dapat berjalan lancar dan tepat waktu serta dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah kabupaten Tojo una-una,”kata Sekda Touna Sovianur Kure.

Sekda katakan, anggaran pendapatan dan belanja daerah disusun berdasarkan Money Follow Program, di mana pendekatan penganggaran lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas daerah, prioritas provinsi, nasional dan dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat melalui pendekatan tugas dan fungsi.

Sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah tahun anggaran 2024 sasaran pembangunan diarahkan untuk pencapaian :

1. Pertumbuhan ekonomi 5,45 – 6,45 persen

2. Indeks pembangunan manusia 66,89 – 67,74 poin

3. Persentase penduduk miskin 12,37 – 13,60 persen

4. Tingkat pengangguran terbuka 3-2 persen

5. Gini rasio 0,300 – 0,200 poin

“Alhamdulillah pada tahun anggaran 2023 ini, kerja kerja kita semua telah membuahkan prestasi yang memuaskan baik pada skala regional maupun nasional, Pemerintah Kabupaten Tojo una-una menerima penghargaan dari pemerintah pusat atas kinerja pengentasan Daerah Tertinggal dikarenakan berdasarkan hasil penilaian dari 22 indikator, Tojo una-una telah mampu keluar dari Daerah tertinggal,”jelasnya.

Menurutnya, hal ini dapat dilihat dari indeks komposit Kabupaten Tojo una-una sebesar 70,93 menempati urutan keempat dari 12 kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini justru melampaui 8 Kabupaten yang telah lebih dulu keluar dari zona Daerah Tertinggal Di tahun-tahun sebelumnya.

Dari penilaian reformasi birokrasi hasil evaluasi penilaian nilai sistem merit Kabupaten Tojo Una-Una Berada di posisi 254 masuk kategori baik. Pemerintah daerah juga menerima penghargaan atas kinerja fiskal tahun berjalan terhadap beberapa kategori yaitu pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem, penggunaan produk dalam negeri serta penurunan stunting. Di mana kabupaten Tojo una-una menempatkan diri sebagai satu-satunya kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah yang meraih prestasi tersebut dari keempat kategori.

Semua penghargaan dan prestasi yang kita terima merupakan salah satu wujud nyata dari ikhtiar dan hasil kerja keras kita semua teristimewa dari segenap Pimpinan dan anggota dewan yang terhormat yang terus berkolaborasi bersama pihak eksekutif untuk memprioritaskan program kegiatan yang menunjang pencapaian sasaran dan indikator kinerja pemerintah daerah”.terang Sekda Touna

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait