DPW IPJI Jateng Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

Semarang – Beritalima. Bertempat di Hotel Kencana di Bandungan, IPJI DPW Jateng memberikan pelatihan jurnalisme bagi para anggota barunya. Pelatihan yang diikuti oleh 50 peserta dari berbagai media cetak dan elektronik ini mengambil tema berani menulis, berani berkarya menjadi jurnalistik sejati. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 3 – 4 Desember 2016 dihadiri oleh jajaran Muspida Kota dan Kabupaten Semarang ini dan di buka oleh Bupati Kabupaten Semarang yang diwakili oleh Kabag Humas Setda. Dalam sambutannya, Heru Subroto mengatakan, “Kami mengapresiasi kepada DPW IPJI Jateng yang telah memberikan pelatihan ini karena dapat meningkatkan kompetensi para jurnalis yang tersebar di berbagai daerah wilayah se-Jateng dan dari berbagai mass media cetak maupun elektronik. Dengan adanya peningkatan tersebut, diharapkan pers di daerah tumbuh dengan baik dalam memberikan informasi secara benar kepada masyarakat”.
Didik Hargianto BS, selaku ketua IPJI menyebutkan bahwa bahwa anggaran kegiatan yang dilaksanakan adalah murni dari para anggota bukan dana dari pemerintah maupun dari pihak lain. Dikuatirkan bila kegiatan sejenis ini didanai oleh pihak lain akan rentan terhadap kepentingan dan media yang hadir pada masa akan datang tidak bisa independen sebagai kontrol masyarakat maupun sebagai kontrol sosial. “Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan Jurnalis yang berjiwa kritis, logis, analisis dan Pancasialis”, lanjut Pimred Jantramas ini.
“IPJI sebagai salah satu lembaga asosiasi jurnalis dan telah terdaftar resmi di dewan pers”, sambungnya. Materi pelatihan yang diberikan adalah Penyelidikan dan Penyidikan, Etika Jurnalistik, UU No. 40/1999 tentang Pers, dan materi lain yang berkaitan. Sedangkan narasumbernya adalah DPW Jateng, Polda Jateng, dan Advokat ternama di Jateng.
“Pelatihan ini sangat penting sebab dapat meningkatkan ketrampilan dalam membuat berita juga dapat menambah wawasan kami dalam bidang hukum dan penyelidikan sebuah kasus”, ujar Daniel salah satu peserta dari koran Sinar Pagi. (Gus Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *