Dr Marwan Hamid,M.Pd : Era Perkembangan Tehnologi Informasi, Pentingnya Penerapan Elearning di Sekolah

  • Whatsapp
Foto : Dr Marwan Hamid,M.Pd dalam prosesi Elearning. (Suherman Amin)

BIREUEN,ACEH-BERITALIMA – Dr Marwan Hamid,M.Pd mengatakan saat ini era perkembangan teknologi informasi yang sangat dramatis sehingga memberikan efek dalam semua aspek kehidupan, tidak ketinggalan dalam dunia pendidikan.

“ Pengaruh teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan banyak manfaat, di antaranya dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga.” Kata Dr Marwan Hamid,M.Pd dalam perbincangan dengan b erita lima.com terkait memajukan upaya pendidikan wilayah Bireuen di Warkop AON depan Dewi Bireuen,Selasa (8/5)

Dr Marwan memberikan contoh pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) telah menggantikan penggunaan kertas yang banyak, tenaga pengawas, dan biaya operasional yang besar.

Begitu juga ketika siswa ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka tidak perlu data secara fisik untuk sekedar registrasi, semua ini cukup dengan perangkat teknologi informasi.

“ Nah…banyak sekali kemudahan lainya yang memberikan kemudahan tanpa mengurangi kualitasnya, bahkan kehadiran teknologi informasi ini telah merubah proses pedidikan secara total.” Ungkap Marwan.

Hari ini banyak sekali pekerjaan yang berbasis teknologi informasi yang tidak nampak wujudnya 10 tahun lalu. Kebutuhan akan tenaga kerja yang berbasis teknologi informasi ini jauh melampaui ketersediaan tenaga kerjanya. Salah satunya ilmuan data, ilmuan data yang dimaksud adalah ilmuan tentang data dalam kuantitas yang besar bahkan sangat besar. Jenis perkejaan ini juga yang dinobatkan sebagai pekerjaan paling bergengsi di abad 21.

Menyadari hal ini, banyak lembaga pendidikan yang berbasis online (Elearning) bermunculan menawarkan jasa untuk dapat mempersiapkan kebutuhan tenaga kerja ini. Jenis jasa yang ditawarkan mulai satu skill tertentu sampai dengan tingkat sarjana bahkan tingkat master.

Lembaga-lembaga belajar elearning yang menawarkan skil tertentu sudahlah cukup banyak saat ini. Beberepa di antaranya yang sangat popular adalah Edx.org, Coursera. org, Lynda.com, Udacity.com dan masih banyak lagi. Yang perlu kita garis bawahi adalah semua lembaga ini adalah berbasis full elearning. (HERA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *